facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Libur Waisak, Arus Lalu Lintas ke Gunungkidul Lebih Ramai Dibanding Libur Lebaran

Eleonora PEW Minggu, 15 Mei 2022 | 18:15 WIB

Libur Waisak, Arus Lalu Lintas ke Gunungkidul Lebih Ramai Dibanding Libur Lebaran
Antrean kendaraan di pertigaan Piyungan mencapai 2 kilometer. - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Peningkatan arus lalu lintas ini mengakibatlan antrean mengular cukup panjang di lampu merah pertigaan Piyungan.

SuaraJogja.id - Libur panjang dalam rangka perayaan Waisak kali ini dimanfaatkan warga untuk kembali berlibur. Akibatnya arus lalu lintas menuju kawasan obyek wisata mengalami peningkatan luar biasa, bahkan diklaim lebih ramai dibanding libur lebaran kemarin.

Seperti yang diungkapkan oleh Kanit Lalu Lintas Polsek Piyungan, AKP Budi Hariyanto. Menurut Budi, kenaikan volume kendaraan menuju ke Gunungkidul yang melalui simpang tiga Piyungan mengalami kenaikan sejak Sabtu (14/5/2022) kemarin. Bahkan mengalami lonjakan Minggu (15/5/2022) pagi.

"Betul, rerjadi peningkatan arus lalin dari arah Prambanan dan juga Kota Yogyakarta menuju Wonosari (Gunungkidul)," ujar Budi, Minggu.

Budi mengatakan, peningkatan arus lalu lintas ini mengakibatlan antrean mengular cukup panjang di lampu merah pertigaan Piyungan. Di jalan Jogja-Wonosari antrean kendaraan dari arah kota Yogyakarta menuju ke Gunungkidul bahkan sampai ke SPBU payak yang berjarak 2 kilometer dari pertigaan Piyungan.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini jika Ingin Berlibur ke Ciwidey pada Long Weekend

Sementara antrean di Jalan Prambanan-Piyungan atau kendaraan dari arah Prambanan mengular sampai perempatan Munggur atau depan Balai Kalurahan Srimartani. Karenanya petugas lantas melakukan rekayasa lalu lintas.

"Kami harus melakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus," tambahnya.

Untuk rekayasa lalu lintas mereka lakukan pengaturan secara manual. Petugas terjun langsung mengatur laju kendaraan di pertigaan Piyungan. Pihaknya lebih mempioritaskan arus lalin yang berasal dari Prambanan maupun dari Yogyakarta.

Di samping itu, pihaknya juga membuat arus yang dari Prambanan menuju Wonosari kiri jalan terus. Demikian pula yang dari Wonosari menuju Yogyakarta mereka buat lurus jalan terus agar tidak terjadi antrean yang cukup panjang.

"Imbauan kami lakukan melalui public address," terangnya.

Baca Juga: Libur Panjang Waisak, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Setelah mereka lakukan rekayasa tersebut, mulai pukul 11.00.WIB, antrean kendaraan dari arah Kota Yogyakarta mulai dapat terurai. Sementara dari arah Prambanan antrean masih panjang dipicu karena kondisi jalan yang sempit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait