facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Fakta Kawasan Heritage Edinburgh yang Ingin Dicontoh Sri Sultan HB X untuk Menata Kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta

Galih Priatmojo Selasa, 24 Mei 2022 | 15:23 WIB

5 Fakta Kawasan Heritage Edinburgh yang Ingin Dicontoh Sri Sultan HB X untuk Menata Kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta
Fakta Kawasan Heritage Edinburg yang Menjadi Contoh Sumbu Filosofi Yogya/jogjaprov.go.id

Sultan Hamengkubuwana X menginginkan sumbu filosofi Yogyakarta menjadi warisan budaya dunia tak benda layaknya kawasan Heritage di Edinburgh, Skotlandia.

SuaraJogja.id - Gubernur DIY Sri Sultan HB X menginginkan penataan kawasan sumbu filosofi Yogyakarta seperti kawasan Heritage, Edinburgh yang diakui sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda oleh UNESCO.

Adapun sumbu filosofi Yogyakarta yang dimaksud oleh Sultan HB X tak lain adalah garis imajiner yang menghubungkan antara laut selatan, Panggung Krapyak, Kraton Yogyakarta, Malioboro, Tugu Yogyakarta, dan Gunung Merapi.

Menurut Sri Sultan saat ini sedang dalam proses pengajuan kepada pihak UNESCO. Ia mengatakan bahwa dalam menata kawasan sumbu filosofi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak sebagaimana yang terjadi di Edinburgh, Skotlandia.

Karena yang menjadi salah satu keberhasilan Edinburgh dalam melestarikan kawasan Heritage tak lepas dari peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam mencintai kota tempat tinggal mereka.

Baca Juga: Istri Sri Sultan HB X Minta Orang Tak Lagi Pakai Istilah 'Anak Nakal', Kenapa?

Buat yang belum tahu, berikut sederet fakta mengenai kawasan Heritage Edinburgh yang dijadikan contoh oleh Sri Sultan Hamengku Buwana X untuk menata kawasan sumbu filosofi Yogyakarta.

Tempat Harry Potter Bermula

Konon dalam sejarahnya, kawasan Heritage di Edinburgh merupakan cikal bakal terciptanya novel Harry Potter karangan J.K. Rowling yang kemudian dialihwahanakan dalam bentuk film.

Winter Wonderland

Kawasan Heritage berada di kota Edinburgh yang sekaligus menjadi Ibukota Skotlandia. Berada di bagian utara Britania Raya membuat kota ini memiliki curah salju yang lebih besar daripada negara lain yang berada di tanah Britania. Kondisi cuaca yang dingin menjadikan Edinburgh seperti winter wonderland pada saat tiba musim dingin.

Baca Juga: Kaisar Jepang Beri Penghargaan untuk Jusuf Kalla hingga Sri Sultan HB X

Athena dari Britania

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait