Kronologi Penolakan Ustadz Somad Menurut Masjid Kampus UGM

Reza Gunadha | Rifan Aditya
Kronologi Penolakan Ustadz Somad Menurut Masjid Kampus UGM
Kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad versi Masjid Kamupus UGM (instagram/@masjidkampusugm)

Ketua Takmir Masjid Kampus UGM menjelaskan kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad melalui Instagram @masjidkampusugm.

Suara.com - Ketua Takmir Masjid Kampus UGM menjelaskan kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad. Penjelasan tersebut diunggah di Instagram pada Rabu (9/10/2019).

Akun @masjidkampusugm mengunggah foto Masjid Kampus UGM tampak depan dengan warna hitam putih. Terdapat tulisan "#MatinyaKebebasanAkademik" pada foto tersebut.

Melalui foto tersebut, Ketua Takmir Masjid Kampus UGM menjelaskan beberapa poin terkait dibatalkannya kuliah umum Ustaz Abdul Somad.

Mereka juga menyinggung soal adanya tekanan dari luar. Berikut kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad versi Masjid Kamupus UGM.

Kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad versi Masjid Kamupus UGM (instagram/@masjidkampusugm)
Kronologi penolakan kuliah umum Ustaz Abdul Somad versi Masjid Kamupus UGM (instagram/@masjidkampusugm)

"Sehubungan dengan rencana Kuliah Umum bersama UAS dan Prof. Indra Bastian pada hari Sabtu tgl 12 Oktober pukul 12.45 - 14.30 WIB dengan tema Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan di Masjid Kampus UGM, saya perlu sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Saya dan Prof. Zuprizal (Wk. Ketua Takmir) pagi tadi pukul 08.30 WIB diundang bertemu pimpinan UGM, yaitu Warek Bidang PP dan Kemahasiswaan dan Warek Bidang SDA.

2. Dalam pertemuan tsb Takmir Maskam dipaksa untuk membatalkan acara Kuliah Umum UAS dengan alasan ada tekanan dari luar.

3. Takmir menolak permintaan tsb karena forum adalah kajian yg bersifat akademik.

4. Apapun penjelasan takmir ditolak rektorat sehingga deadlock.

5. Dengan dalih Rektor UGM adalah pejabat tertinggi di UGM maka ditegaskan rektorat tidak mengijinkan UAS diacara tsb dgn berbagai alasan, termasuk menyatakan bahwa Sultan HB X juga tidak menyetujui kehadiran UAS di Masjid UGM.

6. Karena Takmir Maskam UGM tidak mau membatalkan acara tsb, maka Rektorat UGM akan bersurat kepada UAS ttg pembatalan tsb.

7. Takmir meminta agar surat resmi pembatalan ke UAS tsb ditembuskan kepada Takmir sebagai bukti tanggungjawab Takmir kepada jamaah.

8. Demikian penjelasan kami agar dimaklumi bahwa Takmir telah mengundang UAS dalam acara tsb tetapi Rektorat UGM membatalkannya. -Drs. Mashuri Maschab, S.U.-
(Ketua Takmir Masjid Kampus UGM)

Unggahan akun resmi Masjid Kampus UGM ini telah mendapatkan lebih dari 7 ribu like dan 500 komentar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS