Klaim Kaisar Kerajaan Agung Sejagat, Ini Sosok Totok Santoso Hadiningrat

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Klaim Kaisar Kerajaan Agung Sejagat, Ini Sosok Totok Santoso Hadiningrat
Warga Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, digegerkan oleh kemunculkan orang yang mengaku sebagai pemimpin Kerajaan Agung Sejagat alias KAS. [Facebook]

Totok Santoso Hadiningkrat mengklaim dirinya sebagai raja di Kerajaan Agung Sejagat, Purworejo

SuaraJogja.id - Kemunculan Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah membuat publik geger. Kerajaan tersebut mengklaim sebagai penerus Kerajaan Majapahit yang menguasai seluruh dunia.

Kerajaan tersebut dipimpin oleh seseorang yang dianggap sebagai raja. Ia adalah Totok Santoso Hadiningrat alias Sinuhun bersama istrinya, Dyah Gitarja alias Kanjeng Ratu.

Kerajaan yang mengklaim telah berdiri sejak 1518 itu memiliki 425 pengikut dan akan terus bertambah. Para pengikutnya sangat menghormati sosok Totok Santoso Hadiningrat. Lantas siapa sebenarnya Totok Santoso Hadiningrat?

Janjikan Uang Dolar

Nama Totok sendiri tak asing bagi warga Yogyakarta khususnya. Medio 2016, Totok pernah menjanjikan akan memberikan uang ratusan dolar AS setiap bulannya melalui organisasi bernama Jogjakarta Development Committe (Jogja-DEC).

JOGJA-DEC adalah organisasi kemasyarakatan dan kemanusiaan yang menjanjikan mendatangkan Dolar Amerika Serikat ke Indonesia untuk membiayai kegiatannya dan memberi kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.

Totok Santoso Hadiningrat (Instagram/hrhtoto)
Totok Santoso Hadiningrat (Instagram/hrhtoto)

Dolar AS yang dijanjikan itu diklaimnya masih tersimpan di salah satu bank negara Swiss yang disebutnya Esa Monetary Fund alias EMF.

Uang itu siap dikucurkan untuk membantu bangsa Indonesia masing-masing USD 50 juta sampai USD 200 juta per bulan, ditambah asuransi USD 100 ribu.

Para anggotanya diminta untuk memblei seragam sebesar Rp 3 juta. Banyak anggotanya yang keluar satu per satu lantaran janji Totok tak kunjung terealisasi.

Hobi Selfie di Instagram

Pria yang mendaulat dirinya sebagai raja ini memiliki akun media sosial Instagram bernama @hrhtoto. Akun tersebut memiliki 1.431 followers dan 174 unggahan.

Totok tercatat pertama kali mengunggah foto pertama pada 18 Mei 2016. Ia memprediksi adanya perang dunia ketiga pada 2020.

Totok Santoso Hadiningrat (Instagram/hrhtoto)
Totok Santoso Hadiningrat (Instagram/hrhtoto)

Dari akun Instagram pribadinya, Totok sering mengunggah foto selfie. Puluhan foto selfie dirinya dipajang di akun media sosialnya itu.

Ia juga beberapa kali mengunggah kegiatannya, salah satunya foto selfienya saat ia berada di Malaysia. Terakhir kali Totok mengunggah lirik lagu John Lennon berjudul Imagine pada 19 Februari 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS