Sebanyak 34 Pasangan di Gunungkidul Menikah di Tanggal Cantik 02022020

Galih Priatmojo
Sebanyak 34 Pasangan di Gunungkidul Menikah di Tanggal Cantik 02022020
Ilustrasi menikah atau pernikahan syari [shutterstock]

Di Wonosari ada 9 pasangan yang menikah di tanggal 2/2/2020.

SuaraJogja.id - Memanfaatkan momen tanggal cantik, sejumlah pasangan melangsungkan pernikahan di hari ini ini, Minggu (2/2/2020).

Salah satunya seperti yang dilakukan Dewi Lestariningsih warga Padukuhan Putat Wetan Desa Putat Kecamatan Patuk yang dipersunting oleh Panji Handoyo warga Pakel Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari. Selain itu ada pula pasangan Ns Rosi Fahmilia warga Plosokerep Desa Bunder Kecamatan Patuk yang menikah dengan Moh Rosyid Heru Pramudianto warga Sidoarjo Jawa Timur.

Ibu dari Rosi Fahmilia, Alfimi Margoruti menuturkan, anaknya memang menginginkan menikah di hari ini. Karena menganggap jika tanggal 2 Februari 2020 tersebut merupakan tanggal yang cantik 02-02-2020 di mana jika di bolak-balik atau dibaca dari depan dan belakang urutan angkanya tetap sama.

"Ndak tahu mas. Itu katanya karena tanggalnya cantik,"ujarnya, Minggu (2/2/2020).

Meskipun sebenarnya di Gunungkidul saat ini masih berpegang teguh pada hari baik di mana biasanya hari baik tersebut dihitung oleh Tetua Kampung ataupun tokoh adat, namun Alfimi mengaku tidak bisa menolak keinginan anaknya tersebut. Iapun mendukung keputusan anaknya untuk menikah di hari yang dianggap tanggalnya cantik.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gunungkidul, Aidi Johansyah menuturkan, selain dua pasangan asal Kecamatan Patuk tersebut, ia mengakui jika banyak pasangan yang menikah di tanggal 2 Februari 2020 ini. Karena masyarakat menganggap jika tanggal tersebut adalah tanggal cantik.

"Memang banyak yang ingin menikah di tanggal cantik ini. Meningkat dibanding hari biasa," ujarnya.

Dari data yang ia miliki, pasangan yang menikah pada hari Minggu ini ada sebanyak 34 pasang. Pernikahan terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Wonosari di mana ada 9 pasangan yang menikah di hari Minggu ini. 

Dari data yang ada di kantor Kemenag, di Kecamatan Karangmojo ada 2 pasangan, Gedangsari ada 1 pasangan, Ngawen ada 5 pasangan, Semanu ada 2 pasangan, Saptosari 1 pasangan, Tepus 2 pasangan, Purwosari yang menikah hari ini ada 2 pasangan, Patuk ada 2 pasangan, Panggang 1 pasangan, wonosari ada 9 pasangan, Ponjong 4 pasangan, Playen 3 pasangan dan Semin 1 pasangan.

"Di tiga kecamatan yang tidak ada pasangan yang menikah masing-masing Paliyan, Girisubo, Tanjungsari dan Nglipar," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS