Kunjungi Kraton Jogja, Presiden Singapura Disambut Beksan Lawung Jajar

Galih Priatmojo
Kunjungi Kraton Jogja, Presiden Singapura Disambut Beksan Lawung Jajar
Kunjungan Presiden Singapura, Halimah Yacob ke Kraton Yogyakarta disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rabu (5/2/2020) malam. [Putu Ayu Palupi / Kontributor]

ada sebanyak 12 penari yang menyambut kedatangan Presiden Singapura, Halimah Yacob.

SuaraJogja.id - Presiden Singapura Halimah Yacob didampingi suaminya, Abdullah Alhasbee bertandang ke Keraton Yogyakarta, Rabu (5/2/2020) malam. Rombongan Halimah Yacob diterima oleh GKR Mangkubumi di Regol Keben.

Kemudian rombongan bersama GKR Mangkubumi masuk dan diterima oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama GKR Hemas dan Wakil Gubernur DIY  KGPAA Paku Alam X bersama GKBRAyA Paku Alam di Regol Donopratopo. Keduanya melakukan pertemuan tertutup di Gedung Jene.

Usai berdialog, rombongan diajak ke Bangsal Kencana untuk menikmati tarian Beksan Lawung Jajar yang menjadi bagian dari tarian Beksan Lawung Ageng. Tarian yang diciptakan Sri Sultan HB I ini ditampilkan 12 penari selama kurang lebih 20 menit.

Tarian ini menceritakan tentang para perajurit keraton yang berlatih perang pada masa Sri Sultan HB I. Pemilihan tarian yang ditampilkan kali ini merupakan dawuh atau perintah dari Sri Sultan HB X.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengungkapkan kunjungan ke keraton sebagai rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Singapura ke Indonesia. Sebelumnya Halimah bertemu Presiden Jokowi di Jakarta.

“Untuk kunjungan di DIY memang dijadwalkan bertemu Sultan di keraton,” jelasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS