Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Tanda Cinta untuk Pariwisata DIY

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Tanda Cinta untuk Pariwisata DIY
Tanda cinta "From Jogja with Love" dari hotel di Jogja - (ist)

Aksi "From Jogja with Love" dilakukan hotel-hotel di Jogja dengan menyalakan lampu-lampu kamar hingga membentuk tanda cinta dari luar jendela.

SuaraJogja.id - Selama wabah corona, banyak pihak terdampak hingga harus terpaksa harus merelakan sumber pendapatannya, tak terkecuali bagi sektor pariwisata dan perhotelan. Kendati demikian, para General Manager hotel di Jogja berniat untuk menunjukkan aksi solidaritas "From Jogja with Love" dengan menyalakan lampu tanda cinta, Sabtu (4/4/2020) malam ini.

Aksi yang diparakrasai secara spontan itu melibatkan puluhan hotel, atau sekitar seperempat dari 200-an hotel di Jogja. Di antaranya Novotel Situs Yogyakarta Malioboro, Pesonna Malioboro, Grand Amabarrukmo Yogyakarta, The 101 Yogyakarta Tugu, POP Timoho, Grand Orchid, hingga Sahid Jaya Hotel.

Drastisnya penurunan jumlah wisatawan gara-gara corona mendasari diprakarsainya aksi "From Jogja with Love". Terlebih, selama ini Jogja dunia perhotelan dan pariwisata menjadi napas mata pencaharian sebagian besar warganya.

Pada Sabtu malam ini, sebanyak lebih dari 50 hotel yang terlibat akan menyalakan beberapa lampu kamar hotel atau lampu hiasan hingga membentuk tanda hati atau cinta. Secara serempak, seluruh hotel tersebut akan menyalakan tanda love dari kamar-kamarnya pada Sabtu mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

"Jogja itu unik dan otentik, sehingga ini yang mengilhami kami sebagai salah satu komponen dunia pariwisata untuk melakukan sebuah gerakan bersama yang vokal dan positif, dengan harapan untuk mengakselerasi optimisme para pelaku dan pegiat pariwisata, utamanya dari dunia perhotelan dan menggairahkan kembali roda pariwisata Jogja," tutur Novi Soesanto, koordinator aksi yang juga mewakili seluruh hotel di Yogyakarta, dikutip dari rilis yang diterima SuaraJogja.id, Sabtu.

Aksi menyalakan lampu-lampu kamar hingga membentuk tanda cinta dari luar jendela ini sebenarnya telah dilakukan sejumlah hotel di kota dan negara lain, tetapi, pihak yang terlibat mengklaim, "From Jogja with Love" berbeda dari lainnya karena dilakukan secara serempak.

"Yogyakarta sedang rehat dari hingar bingar wisatawan. Namun dengan terangnya tanda cinta ini, kami para pelaku industri perhotelan Yogyakarta akan terus berusaha segera menjadikan kota ini dirindu kembali dan meraih canda tawa seperti sediakala," lanjut Novi Soesanto.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS