Kini Sepi, Kontrasnya Potret Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Kini Sepi, Kontrasnya Potret Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja
Suasana lengang di Alun-Alun Selatan dan Alun-Alun Utara pada hari pertama Idulfitri 1441 H, Minggu (24/5/2020). - (Harian Jogja)

Terlihat pula pedagang makanan dan balon memanfaatkan keramaian untuk mengais rezeki di Lebaran 2019.

SuaraJogja.id - Setiap Lebaran tiba, Alun-Alun Utara Jogja selalu ramai dipenuhi jemaah yang menunaikan salat Id. Namun kali ini berbeda, lapangan luas yang terletak di sisi timur Masjid Gedhe Kauman dan sisi utara Keraton Joga itu sangatlah sepi di momen Idulfitri 2020/1441 H. Alasannya tak lepas dari kondisi pandemi corona saat ini, yang mengharuskan masyarakat menghindari kerumunan.

Lima pasang foto perbandingan Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja pun mencuri perhatian warganet. Potret milik @didanduddin itu viral setelah diunggah akun @yogyakarta ke Instagram pada hari pertama Lebaran 2020, Minggu (24/5/2020).

Di salah satu foto, pada Lebaran 2019 terlihat banyak umat Muslim berpakaian yang didominasi warna putih memenuhi Alun-Alun Utara. Sebagian besar dari mereka sudah siap duduk di atas sajadah yang dilapisi koran di bawahnya. Namun pada foto bawahnya, kondisi yang kontras terjadi di Lebaran 2020, di mana hanya ada rumput hijau terhampar luas di lapangan tanpa ada satu pun manusia yang tertangkap kamera.

Perbandingan Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja - (Instagram/@didanduddin/@yogyakarta)
Perbandingan Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja - (Instagram/@didanduddin/@yogyakarta)

Bahkan, pada foto yang lain tampak warga Jogja berbondong-bondong memadati ruas jalan menuju Alun-Alun Utara pada Lebaran 2019. Terlihat pula pedagang makanan dan balon memanfaatkan keramaian untuk mengais rezeki, tetapi lagi-lagi jauh berbeda dari potret Lebaran 2020 -- jalanan lengang, hanya ada satu-dua sepeda motor yang parkir di bahu jalan serta becak dan penariknya yang yang menunggu di tepi jalan.

Sementara itu, dalam satu lagi foto lainnya dari Idulfitri 2019, sejumlah jemaah laki-laki terlihat berjejer di atas sajadah masing-masing. Keramaian jemaah perempuan juga tampak di foto yang lain. Namun, di lokasi yang sama seperti kedua foto itu, yang diambil saat Lebaran 2020, terlihat sangatlah berbeda, kosong tak ada orang.

Perbedaan serupa juga terlihat di sepasang foto terakhir. Pada Lebaran 2019, terlihat banyak warga duduk di sekitar lapangan dan seorang perempuan berpakaian gamis putih membuang sampah di tempat sampah koran bekas yang disediakan di salah satu sudut Alun-Alun Utara Jogja, tetapi di sudut yang sama tahun ini, sama sekali tak terlihat adanya penampakan manusia; hanya rumput dan jalanan yang sepi.

"Alun -Alun Utara Lebaran 2019 dan 2020.

Perbandingan Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja - (Instagram/@didanduddin/@yogyakarta)
Perbandingan Lebaran 2019 dan 2020 di Alun-Alun Utara Jogja - (Instagram/@didanduddin/@yogyakarta)

Bagi warga yang tinggal di pusat kota Jogja, sholat ied di Alun-alun Utara Yogyakarta sudah lazim jadi momen dua kali setahun. Satu hal yang paling saya nanti setiap tahunnya adalah bisa duduk sejenak menikmati keheningan Kota, semilir angin pagi, dan kicauan yang terdengar sayup tanpa bising kendaraan. Untuk kota seriuh Yogyakarta, momen ini belum tentu hadir setiap hari. Di sini, saya abadikan para jamaah, pedagang balon, penjaja jajanan pasar, hingga penjual koran bekas dalam satu kerumunan besar. Kerumunan yang tidak hadir tahun ini.

Tanpa harus berkerumun, tanpa harus bertemu dan berhimpun, silaturahmi masih bisa kita tenun. Jika kondisi tidak mengizinkan untuk duduk bersama, masih ada media lain untuk bertemu sapa. Bawa suasana perayaan yang meriah, walau hanya di bawah atap rumah.

Titipkan salam kami untuk keluarga di rumah. Selamat Lebaran, mohon maaf jika ada perkataan dan perbuatan yang tidak berkenan. Jaga kesehatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS