5 Quotes Wejangan Cak Nun Seputar Karir, Inspiratif dan Bikin Semangat

M Nurhadi
5 Quotes Wejangan Cak Nun Seputar Karir, Inspiratif dan Bikin Semangat
Budayawan yang juga ulama, Emha Ainun Najib (Cak Nun) [Screenshot YouTube/CakNun.com].

"Jangan mati-matian mengejar sesuatu yang tak bisa dibawa mati."

SuaraJogja.id - Tepat hari ini, Cak Nun genap berusia 67 tahun. Muhammad Ainun Najib atau yang lebih akrab Emha Ainun Najib alias Cak Nun merupakan seorang budayawan kenamaan di Indonesia.

Melalui sejumlah karyanya, budayawan yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo ini senantiasa menyapa jamaah maiyah dengan gayanya yang khas.

Tutur kata yang lugas dan tegas, jadi ciri khasnya menyampaikan kegundahan hatinya dalam berbagai hal, seperti masalah sosial, agama, negara hingga gaya hidup anak muda.

Di berbagai kesempatan, Cak Nun juga seringkali berinteraksi dengan masyarakat melalui syair. Namun, Cak Nun bukanlah hanya sekedar budayawan biasa, ia juga seringkali menjadi tempat curhat bagi jamaah maiyah.

Seringkali, di beberapa kesempatan, Cak Nun memberikan wejangan yang bijak. Namun, di lain kesempatan ia seperti memancing pendengarnya untuk mencari makna di dalam kata-katanya.

Berikut, Suarajogja.id merangkum kata-kata bijak dari Cak Nun yang bisa menjadi penyemangat untuk perjalanan karir anda.

1. Mental Ulet dan Kerja Keras

"Anak-anak muda tak bisa hanya menggantungkan diri akan jadi pegawai negeri, pembengkakan populasi penduduk akan makin berbanding terbalik dengan penyediaan lapangan kerja, jadi yang akan tegak hidupnya adalah orang-orang yang bermental wirausaha, yang tidak priyayi, yang ulet dan bersedia bekerja keras."

2. Ilmu Harus Disertai Jiwa yang Kuat

"Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah?"

3. Bergantung Kepada Allah

"Hidup ini bukan kamu sukses atau tidak, bukan menang atau kalah. Tapi Hidup di dunia ini apakah kamu bertahan berjuang bergantung pada Allah dalam keadaan apapun juga."

4. Jangan Cari Kekayaan

"Yang lebih kalian cari bukanlah kebaikan melainkan kekayaan, yang lebih kalian buru bukanlah keluhuran melainkan kenyamanan, dan pada posisi seperti itu kalian selalu merasa lebih tinggi derajat dibanding orang kecil."

5. Harta Tak Dibawa Mati

"Jangan mati-matian mengejar sesuatu yang tak bisa dibawa mati."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS