Ketahuan Mencuri dan Dihajar Massa, Ini Cara DZ Bobol Rumah Warga di Jogja

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Ketahuan Mencuri dan Dihajar Massa, Ini Cara DZ Bobol Rumah Warga di Jogja
Seorang pelaku pencurian dengan pemberatan berinisial DZ (24) ditangkap Polsek Umbulharjo, Minggu (21/6/2020). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

"Mengetahui gerendel tidak digembok, pelaku langsung masuk. Ia mengambil sejumlah barang berharga yang ditinggal penghuninya."

SuaraJogja.id - Pemuda berinisial DZ (24) yang ketahuan mencuri di sebuah rumah warga wilayah Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Senin (21/6/2020), merusak pintu dengan cara menendang paksa.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Nuri Aryanto, setelah memeriksa pelaku lebih dalam, membeberkan bahwa DZ menentukan rumah untuk dimaling secara acak.

"Dia menentukan secara acak, memang kebetulan rumah kontrakan itu kosong dan ditinggal penghuninya. Ia bisa masuk ke dalam setelah merusak pintu dengan cara menendang dengan kaki kanannya" terang Nuri dihubungi wartawan, Senin (29/6/2020).

Berhasil merusak pintu, pelaku selanjutnya masuk dan membuka gerendel yang kebetulan tak digembok oleh pemilik rumah bernama Aka Madya Wiratama (29).

"Mengetahui gerendel tidak digembok, pelaku langsung masuk. Ia mengambil sejumlah barang berharga yang ditinggal penghuninya," kata dia.

Pelaku juga sudah menyiapkan tas untuk memasukkan barang-barang yang dia ambil.

Nuri menjelaskan, polisi juga menggeledah rumah milik korban. Sejumlah barang bukti berupa satu buah laptop, satu speaker bass, dan satu speaker terrible diamankan polisi. Selain itu, satu handphone merk Asus juga ikut disita.

Atas perbuatannya, DZ dikenai pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Pelaku terancam hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

"Hukuman penjara maksimal tujuh tahun," ujar Nuri.

Sebelumnya diberitakan, seorang pemuda berinisial DZ tertangkap basah saat melancarkan aksi pencurian pada Minggu (21/6/2020) lalu. Pelaku nekat membobol rumah warga saat ditinggal pergi.

Pelaku juga diketahui dihajar massa lantaran tertangkap basah saat melancarkan aksinya. Hingga kini pelaku ditahan di Mapolsek Umbulharjo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS