Update Covid-19 di Jogja, Satu Keluarga di Kulon Progo Positif Covid-19

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana
Update Covid-19 di Jogja, Satu Keluarga di Kulon Progo Positif Covid-19
Ilustrasi update covid-19 [Unsplash/Fusion Medical Animation]

Ketiga pasien positif ini dari Kapanewon Lendah

SuaraJogja.id - Belum usai penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kulon Progo. Pada Rabu, (15/7/2020) Kulon Progo kembali mencatat tambahan tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, hingga saat ini jumlah total kasus di Kulon Progo menjadi 24 orang dengan kesembuhan 14 orang. Diketahui untuk kasus KP-22, KP-23 dan KP-24 itu merupakan hasil kontak erat dengan kasus KP-19 yang sebelumnya yang juga diketahui keempat pasien tersebut berstatus sebagai keluarga yang berada di satu rumah.

"Ketiga pasien positif ini dari Kapanewon Lendah dan berasal dari 1 keluarga. Sejak hari Senin, (13/7/2020) lalu sudah dirawat di RSUD Wates karena sudah memiliki gejala dan statusnya sudah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada waktu itu" ujar Baning, saat ditemui awak media.

Lebih lanjut Baning menjelaskan untuk kasus KP-22 merupakan seorang perempuan berusia 32 tahun, lalu KP-23 adalah seorang bayi laki-laki yang baru berusia 1 tahun. Sedangkan untuk KP-24 merupakan laki-laki berusia 26 tahun.

Baning menambahkan dari tracing sebelumnya yang dilakukan kepada kontak erat KP-21, sebanyak 21 orang sudah dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif. Jadi hingga saat ini masih ada 10 pasien yang dirawat di rumah sakit baik di RSUD Wates dan di RS PKU Muhammadiyah Bantul

"Rapid test untuk 4 orang kontak erat lainnya juga sudah dilakukan namun hasilnya masih belum diketahui. Semoga juga hasilnya non reaktif," katanya.

Sementara itu untuk jumlah PDP yang ada di Kulon Progo hingga hari ini tercatat ssbanyak 105 orang dengan 2 orang masih menjalani perawatan. Selain itu total ODP di Kulon Progo total ada 1880 dengan sisa yang masih harus dilakukan pemantauan sebanyak 45 orang.

Dengan terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kulon Progo, masyarakat terus diingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan lebih ketat. Disamping memberikan imbauan pihaknya juga sudah melakukan disinfeksi ke tempat-tempat yang diketahui digunakan sebagai kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Jauhi kerumunan orang-orang, kalau memang sudah terpaksa sekali ya tetap harus taat pada protokol kesehatan. Pakai face shield juga bisa buat menambah keamanan diri sendiri," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS