alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keren, Menu Restoran di Jogja Ini Semuanya Diciptakan Sisca Soewitomo

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Rabu, 05 Agustus 2020 | 16:21 WIB

Keren, Menu Restoran di Jogja Ini Semuanya Diciptakan Sisca Soewitomo
Sisca Soewitomo unggah foto gantung panci. (Instagram/@sisca.soewitomo)

Tidak hanya suasananya yang memanjakan pengunjung. Seluruh menu yang ada di restoran ini juga berada di bawah pengawasan tokoh kuliner tersohor, yakni Sisca Soewitomo.

SuaraJogja.id - Pakar Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo mengunggah foto menggantung panci. Siapa sangka juru masak legendaris yang dikabarkan pensiun itu ternyata meninggalkan warisan menu istimewa di salah satu restoran di Jogja.

Kepiawaian Sisca dalam dunia kuliner membuat dirinya mendapatkan julukan Ratu Boga Indonesia. Tampil dalam acara masak-masak 'Aroma' di Indosiar, nama Sisca semakin terkenal dengan tagline-nya, 'Bagaimana pemirsa, mudah bukan membuatnya?'.

Sebelum pensiun, Sisca nyatanya sempat membuat seluruh resep masakan untuk sebuah restoran di Jogja bernama Merapi Resto. Restoran yang terletak di Jalan Kapten Haryadi km 1, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta ini memang dikenal dengan citarasa kulinernya yang khas Indonesia.

Mengusung tema open resto, tempat makan satu ini tidak memiliki dinding pembatas yang menjadi sekat untuk pengunjung. Selain dikelilingi aneka tumbuhan hijau, pengunjung resto ini juga dimanjakan dengan alunan lagu yang dimainkan langsung.

Baca Juga: Tol Jogja-Bawen Ancam Cagar Budaya, Pihak Proyek Akan Pindahkan Bangunan

Tidak hanya suasananya yang memanjakan pengunjung. Seluruh menu yang ada di restoran ini juga berada di bawah pengawasan tokoh tersohor, yakni Sisca Soewitomo. Beragam menu yang ditawarkan yakni Brongkos Merapi, Rawon Merapi, Semur Lidah Merapi, Tongseng Ayam Merapi, Sop Buntut Merapi dan menu unik bernama Mangut Iwak Pe Merapi.

Menu Sop Buntut dan Mangut Iwak Pe merupakan dua jenis menu yang cukup sulit dipraktikkan. Sebab sedikit kesalahan yang dilakukan dapat merusak tatanan rasa dalam sajian khas tersebut. Untuk bisa menemukan restoran ini, berada di dalam kompleks Pesona Merapi Gedung SOR.

Sisca sendiri sudah berkarir di dunia kuliner selama 50 tahun lamanya. Selama masa baktinya tersebut ia sudah menghasilkan ribuan menu kuliner. Sempat menjadi dosen di bidang perhotelan dan tata boga, berikut nama murid Sisca yang tak kalah tenar, Tatang, Rudy Choiruddin, Deddy Rustandi dan Haryanto Makmoer.

Di usianya ke-71 tahun, Sisca memutuskan untuk gantung panci. Ia mengunggah fotonya mengenakan baju koki dan menggantung panci berukuran sedang melalui akun Instagram pribadinya, @sisca.soewitomo. Keputusannya tersebut mendapatkan beragam respon dari masyarakat yang ikut bernostalgia dengan kenangan masa kecil mereka.

"Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci," tulis Sisca dalam keterangannya.

Baca Juga: Luntang-lantung di Jogja, 6 Pria Spesialis Pembobol ATM Dicokok Polisi

Sebagai salah satu pioneer adanya acara masak-memasak di televisi. Keputusan Sisca untuk gantung panci turut menjadi ajang nostalgia warganet. Beberapa dari mereka tumbuh dengan melihat Sisca mempraktikkan beragam menu nusantara dari balik layar kaca. Jargon khas Sisca juga turut kembali dituliskan warganet.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait