Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Paket Internet Mahal, Siswa di Kulonprogo Belajar Via Handy Talky

Erick Tanjung | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 11 Agustus 2020 | 18:32 WIB

Paket Internet Mahal, Siswa di Kulonprogo Belajar Via Handy Talky
Siswa SD 2 Kanoman, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo, DIY saat pembelajaran jarak jauh menggunakan Handy Talky milik Komunitas RAPI, Selasa (11/8/2020). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Sekolah Dasar 02 Kanoman, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo, DI Yogyakarta melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan perangkat radio panggil atau Handy Talky (HT).

SuaraJogja.id - Keterbatasan siswa yang memiliki gawai maupun minimnya jaringan internet yang memadai masih sering ditemui dalam proses belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19. Bahkan persoalan lain seperti ketidakmampuan orang tua membeli paket data internet untuk anaknya belajar dari jarak jauh secara daring masih banyak ditemui.

Kondisi serba keterbatasan itu membuat pihak sekolah dan wali murid melakukan berbagai upaya agar siswa tetap bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh biasanya dilakukan pihak sekolah menggunakan aplikasi chat WhatsApp atau aplikasi zoom meeting. Yang ini berbeda, Sekolah Dasar 02 Kanoman, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo, DI Yogyakarta melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan perangkat radio panggil atau Handy Talky (HT).

Kepala Sekolah SD Negeri 02 Kanoman, R. Ahmad Isnanto Nugroho mengatakan ide itu muncul setelah ada salah satu wali siswa yang berkonsultasi dengan pihak sekolah terkait dengan banyaknya kendala yang muncul saat pembelajaran jarak jauh. Merespon hal tersebut salah satu wali siswa yang juga merupakan anggota Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) akhirnya mengusulkan pembelajaran melalui HT.

"Penggunaan HT ini menjadi pilihan untuk menyiasati keterbatasan jarak antara sekolah dengan muridnya," kata Ahmad kepada SuaraJogja.id, Selasa (11/8/2020).

Ahmad menuturkan saat ini pembelajaran menggunakan HT baru diterapkan kepada siswa kelas III. Sebab peralatan HT yang dipinjamkan kepada siswa jumlahnya terbatas.

Adapun kendala lain yang dihadapi oleh pembelajaran melalui HT ini adalah suara yang kadang tidak begitu terdengar jelas atau putus-putus lantaran jarak antara siswa dan sekolah cukup jauh. Namun, pihak sekolah sekolah akan mengevaluasi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar.

Meski belum maksimal, penggunaan HT cukup efektif sebagai salah satu solusi masalah keterbatasan akses belajar mengajar jarak jauh. Komunikasi antara guru dengan siswa cukup efektif dibanding aplikasi lain.

"Penggunaan HT untuk belajar ini belum lama diterapkan, baru sekitar minggu lalu. Namun respon orang tua siswa dan guru menyambut dengan baik," tuturnya.

Hemat Biaya Paket Internet Siswa

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait