Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Torres, Si Pelukis Cilik Jogja yang Karyanya Telah Go International

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 20 Oktober 2020 | 20:40 WIB

Torres, Si Pelukis Cilik Jogja yang Karyanya Telah Go International
orres Eguen Javaswistara, melukis sebuah karakter dengan dua tangan sekaligus saat ditemui di Karangwaru Riverside, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Selasa (20/10/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Bakat melukis Torres menurun dari orangtua dan keluarga besarnya.

SuaraJogja.id - Tanpa pikir panjang, tangan mungilnya langsung membuka cat warna yang sudah disiapkan. Dengan cekatan, kuas kecil yang ada di tangan kiri dan kanannya meliuk-liuk di atas kanvas putih. 

Tenang dan santai, dua tangan anak ini secara bersamaan melukis gambar seorang manusia dan seekor hewan. Terlihat aneh memang, anak seusia itu mampu melukis dengan dua tangan sekaligus. 

Tapi kenyataannya demikian, laki-laki bernama Torres Eguen Javaswistara (10) melukis dengan dua tangannya. 

"Lebih enak gini, melukis pakai dua tangan. Awalnya cuma pakai satu tangan, tapi rasanya berbeda. Hasilnya malah lebih hidup kalau pakai dua tangan," jelas Torres ditemui wartawan di Karangwaru Riverside, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Selasa (20/10/2020).

Tiap cat warna dia ambil dengan kuas kecil. Sesekali, anak bertangan kidal itu mencampurkan cat hingga membuat warna lain. Sambil sesekali melukis, Torres juga berbincang mengenai tema yang paling disukai.

"Saya paling suka melukis wayang dan jatilan. Karena punya karakter bagus dan hidup, dulu juga suka nonton wayang," ungkap dia.

Torres mulai dikenalkan dengan seni lukis sejak kecil. Tiap dirinya bangun pagi selalu melihat sang ayah melukis di rumahnya. Tak hanya itu, Torres yang masih duduk di bangku kelas 4 SD Negeri Petinggen ini juga kerap diajak melukis.

Pelukis cilik asal Yogyakarta, Torres Eguen Javaswistara bersama adik dan ayahnya menunjukan piagam di Karangwaru Riverside, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Selasa (20/10/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]
Pelukis cilik asal Yogyakarta, Torres Eguen Javaswistara bersama adik dan ayahnya menunjukan piagam di Karangwaru Riverside, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Selasa (20/10/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

"Mulai usia 3 tahun saya sudah suka gambar. Ya gambarnya masih berantakan. Mulai tambah usia kalau pulang dari jalan-jalan juga suka menggambar apa yang saya lihat," ujarnya sambil menyelesaikan lukisannya.

Pertama kali karakter yang dia lukis adalah hewan-hewan. Saat itu dirinya tengah pulang dari Gembiraloka Zoo, Kota Yogyakarta. Melihat banyak hewan di sana, Torres lalu membuat sketsa dan menggambar beragam macam hewan.

Sudah tujuh tahun berlalu, bakat Torres semakin terasah. Hampir 30 lukisan yang dia hasilkan diatas kanvas. Berbagai tema telah ia buat saat mengikuti sejumlah lomba melukis baik di tingkat kota bahkan provinsi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait