alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sabet 56 Medali, UGM Juara Umum PIMNAS 3 Tahun Berturut-turut

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Minggu, 29 November 2020 | 18:55 WIB

Sabet 56 Medali, UGM Juara Umum PIMNAS 3 Tahun Berturut-turut
Kemendikbud menyerahkan piala penghargaan juara umum PIMNAS Ke-33 kepada Rektor UGM Panut Mulyono di GSP UGM, Sabtu (28/11/2020) malam. - (SuaraJogja.id/HO-Humas UGM)

UGM kembali dinobatkan sebagai juara bertahan PIMNAS dalam tiga tahun berturut-turut, mulai 2018, 2019, hingga 2020.

SuaraJogja.id - UGM kembali berhasil mempertahankan juara umum dalam gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33. Berperan sebagai tuan rumah, UGM berhasil menyabet total 56 medali.

Rincian perolehan medali tersebut terdiri dari dua kategori, yakni poster yang berhasil meraih 9 medali perunggu, 5 medali perak, dan 8 medali emas. Sedangkan dalam kategori presentasi, UGM meraih 12 medali perunggu, 10 medali perak, dan 12 medali emas.

Dengan hasil ini, UGM kembali dinobatkan sebagai juara bertahan PIMNAS dalam tiga tahun berturut-turut, mulai 2018, 2019, hingga 2020. Penyerahan piala bergilir Adhikarta Kertawidya dilakukan oleh Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi dan Direktur Penjaminan Mutu Belmawa Dikti Aris Djunaidi, yang diterima langsung oleh Rektor UGM Panut Mulyono.

Ketua Dewan Juri PIMNAS Ke-33 Indwiyani Astuti menyampaikan bahwa gelaran PIMNAS tahun ini memperebutkan total sebanyak 186 medali yang dibagi ke dalam dua kategori, yakni poster dan presentasi. Sedangkan juara umum akan dinobatkan kepada universitas yang memperoleh jumlah medali emas terbanyak dalam kategori presentasi.

Baca Juga: Dilaksanakan di Masa Pandemi, PIMNAS Ke-33 Justru Diikuti Lebih Banyak Tim

"PIMNAS kali ini diikuti sebanyak 625 tim mahasiswa dari 101 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang dari semuanya itu adalah para juara," ujar Indwiyani saat Malam Penutupan dan Penganugerahan PIMNAS Ke-33 yang diselenggarakan secara luring di GSP UGM serta disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Universitas Gadjah Mada pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menuturkan, UGM berhasil meloloskan 82 tim PKM, meliputi 28 tim PKM Penelitian Eksakta, 10 tim Penelitian Sosial Humaniora, 9 tim PKM Karsa Cipta, serta 8 tim PKM Kewirausahaan; masih ditambah lagi dengan 6 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 6 tim PKM Teknologi, 11 tim PKM Gagasan Tulis, dan 4 tim PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

"Totalnya kita bisa mendapat 56 medali," kata Iva.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, PIMNAS adalah wahana tempat potensi dan kreativitas mahasiswa itu semakin dibangun. Hal itu akan berguna nantinya dengan kondisi yang terjadi pada saat ini.

“Program ini bisa dikatakan mengkolaborasikan antara perguruan tinggi dan dunia kerja. Sebagai sebuah keleluasaan yang terarah bagi mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan dari luar kampus dan mengaplikasikanya di berbagai bidang,” ujar Nadiem.

Baca Juga: Apresiasi Kerja KPK, Pukat UGM Curigai Niat Awal Menteri Edhy Ekspor Benur

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait