alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kurang dari 5 Jam, 51 Kendaran Harus Putar Balik di Pos Penyekatan Tempel

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 07 Mei 2021 | 19:15 WIB

Kurang dari 5 Jam, 51 Kendaran Harus Putar Balik di Pos Penyekatan Tempel
Sejumlah kendaraan yang diminta untuk memutar balik setelah kedapatan diduga hendak mudik, di pos penyekatan perbatasan Jawa Tengah-DIY, Tempel, Sleman, Jumat (7/5/2021). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

puluhan kendaraan diminta putar balik di jalur penyekatan.

SuaraJogja.id - Jajaran Polres Sleman bersama dengan instansi lainnya terus melakukan penyekatan di pintu masuk DIY. Puluhan kendaraan harus diminta putar balik setelah yang bersangkutan diduga hendak mudik.

Berdasarkam pantauan di Pos Penyekatan Tempel, Sleman, atau tepatnya jalur Magelang, Jawa Tengah ke DIY memang didapati sejumlah kendaraan berplat nomor selain AB diminta untuk memutar balik oleh petugas.

PA Pos Sekat Tempel, Ipda Krisna Harahap mengatakan pada Jumat (7/5/2021) hari ini operasi penyekatan telah dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada 11.30 WIB tadi untuk menunaikan salat Jumat.

"Kita mulai jam 08.00 WIB sampai 11.30 WIB untuk istirahat Jumatan dulu, sebelumnya mungkin udah mulai. Dari tadi itu sebanyak 169 kendaraan diberhentikan sedangkan yang diminta untuk putar balik sejumlah 51 kendaraan," kata Krisna saat ditemui awak media.

Baca Juga: Dishub Sleman: Penyekatan Antarwilayah Aglomerasi Susah Diterapkan

Krisna menuturkan bahwa dalam penyekatan pagi tadi kendaraan yang diminta untuk putar balik didominasi oleh berplat nomor AA.

Lebih lanjut mengenai tujuan pelaku perjalanan itu sendiri, pihaknya menilai bahwa memang mereka hendak mudik ke kampung halaman. Hanya saja yang bersangkutan tidak mengakui secara gamblang ketika dimintai keterangan oleh petugas.

Krisna meyakini bahwa masyarakat sudah mengetahui terkait dengan larangan mudik saat momen Lebaran 2021 kali ini. Maka dari berbagai alasan juga sudah disiapkan untuk menjawab petugas di pos penyekatan.

"Kalau seperti ini saya yakin dia tahu kalau mudik nggak boleh sehingga pasti akan menyebutkan nggak mudik. Misal hanya main atau ke tempat saudara untuk mampir saja," tuturnya.

Namun petugas tetap akan bertindak tegas jika memang diketahui bahwa yang bersangkutan menggunakan kendaraan berplat nomor selain AB atau dari luar kota. Apabila tanpa ada berkas-berkas yang lengkap pelaku perjalanan tersebut akan langsung diminta untuk putar balik.

Baca Juga: Kuli Bangunan di Sleman Nekat Nyabu Agar Kuat Kerja Lembur Bagai Kuda

"Cuma dari plat nomor kita lihat dan ada perintah juga untuk dari luar Jogja, harus diputarbalik. Penjabaran kita itu ya dilihat dari plat, lalu ditanya identitas juga untuk memastikan," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait