alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Dinkes Kulon Progo Rencanakan Agustus Mendatang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 15 Juli 2021 | 14:59 WIB

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Dinkes Kulon Progo Rencanakan Agustus Mendatang
Puluhan anak berusia 12 tahun ke atas di Pekanbaru mengikuti vaksinasi Covid-19 massal yang digelar Kejati Riau, Kamis (8/7/2021). [Foto Riauonline]

Target secara keseluruhan lansia di Kulon Progo yang perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19 yaitu 78.421 orang.

SuaraJogja.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menyatakan baru akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada anak-anak pada Agustus 2021 mendatang. Upaya vaksinasi yang menyasar anak-anak itu akan dilakukan secara bertahap.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo Sri Budi Utami, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (15/7/2021). Pihaknya menyebut upaya vaksinasi kepada anak di Bumi Binangun ini menyusul sudah dibukanya vaksinasi sasaran anak-anak oleh Kementerian Kesehatan.

"Ya memang karena keran vaksinasi kepada anak sendiri oleh Kemenkes sudah dibuka. Agustus nanti akan kita mulai secara bertahap," kata Sri Budi.

Sri Budi menjelaskan untuk saat ini vaksinasi Covid-19 terhadap anak belum menjadi prioritas utama di Kulon Progo. Pihaknya masih berfokus untuk terus mempercepat vaksinasi kepada kelompok masyarakat lansia.

Baca Juga: Siap-siap, Anak Usia 12-17 Tahun di Cimahi Bakal Segera Divaksinasi COVID-19

Menurutnya dengan kondisi yang ada saat ini lansia masih lebih memerlukan perawatan khusus. Sedangkan anak-anak yang sementara masih melakukan pembelajaran sistem daring memiliki daya tahan lebih ketimbang lansia.

"Sebenarnya kalau anak bukan prioritas utama ya. Anak itu kan daya tahannya lebih kuat. Sementara ini, anak juga belum keluar [rumah] karena masih daring," ungkapnya.

Di samping vaksinasi Covid-19 yang masih berfokus kepada lansia. Dinkes Kulon Progo turut menyasar penyandang disabilitas hingga pelayanan publik untuk diselesaikan sebagai sasaran prioritas.

Sri Budi menuturkan bahwa target secara keseluruhan lansia di Kulon Progo yang perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19 yaitu 78.421 orang. Sedangkan saat ini baru sebanyak 21.570 orang atau sekitar 27,51 persen yang mendapatkan dosis pertama.

Jumlah itu masih lebih banyak ketimbang dosis kedua yang diterima lansia yakni sebanyak 8.408 orang atau sekitar 10.72 persen.

Baca Juga: Menteri Luhut Gembira Lihat Mobilitas Masyarakat di Jateng dan DIY Menurun

Sementara itu, lanjut Sri Budi, vaksinasi kepada petugas pelayanan publik di wilayah Kulon Progo yang ditargetkan mencapai 23.414 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait