alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Stasiun Tugu dan Malioboro Wajib Masker dan Vaksin, Pemkot Jogja Bakal Periksa Pengunjung

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:20 WIB

Stasiun Tugu dan Malioboro Wajib Masker dan Vaksin, Pemkot Jogja Bakal Periksa Pengunjung
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berinteraksi dengan salah seorang penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Warga yang belum divaksin, kata Haryadi, bisa mendaftar di layanan aplikasi Pemkot Jogja melalui JSS.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mencanangkan kawasan Destinasi Wisata Malioboro dan Stasiun Tugu Yogyakarta wajib masker dan vaksin. Pengunjung atau masyarakat yang datang ke tempat tersebut harus membawa dan mengantongi bukti sudah divaksin.

Pencanangan tersebut dilakukan oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti bersama Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro serta Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Asdo Atrivianto di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/8/2021).

"Pencanangan ini saya rasa dimulai dari kawasan yang ramai dikunjungi masyarakat, yaitu di Malioboro ini. Nantinya pencanangan ini akan diperluas ke seluruh Kota Jogja juga," terang Haryadi saat meresmikan Stasiun Tugu dan Malioboro sebagai Kawasan Wajib Masker dan Vaksin di pintu selatan Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu.

Haryadi mengatakan bahwa kondisi penyebaran dan kasus baru Covid-19 di kota masih fluktuatif. Meski ada penurunan angka penularan, pihaknya tidak ingin terjadi penambahan secara masif.

Baca Juga: Pengunjung Datang ke Malioboro dan Stasiun Tugu Yogyakarta Wajib Vaksin

"Jadi kami bukan mempersulit, tapi memudahkan masyarakat untuk bisa saling menjaga agar tak ada penularan ketika datang ke Malioboro dan stasiun, tentu dengan menaati prokes minimal menggunakan masker itu," kata Haryadi.

Ia mengatakan bahwa pengecekan vaksin pengunjung yang datang ke Malioboro dilakukan secara acak. Nantinya ada petugas yang berkeliling untuk menanyakan apakah sudah vaksin atau belum.

"Nah nanti dilakukan dengan mengambil sample. Jadi masyarakat jangan kaget ketika masuk ke Jogja ditanyakan kartu vaksinnya. Jika penggunaan masker kan terlihat, bisa ditegur," kata dia.

Bagi warga yang ketahuan belum divaksin dan berada di sekitar Malioboro, kata Haryadi tidak langsung diminta meninggal lokasi. Tapi meminta untuk divaksin terlebih dahulu.

"Jadi petugas yang mengarahkan untuk pengunjung melakukan vaksinasi dulu. Jika pedagang, petugas yang ada di Malioboro hampir semua sudah tervaksin," kata Haryadi.

Baca Juga: Bantu Warga Malioboro yang Terdampak PPKM Level 4, Mahasiswa Jogja Bagikan Sembako

Tidak hanya di Stasiun Tugu dan Malioboro saja yang dicanangkan menjadi kawasan wajib vaksin dan masker. Terminal Giwangan serta stasiun Lempuyangan juga akan segera dicanangkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait