alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Video Ustaz Abu Syahid Chaniago Diserang OTK di Masjid, Begini Kronologinya

Eleonora PEW Senin, 20 September 2021 | 17:43 WIB

Viral Video Ustaz Abu Syahid Chaniago Diserang OTK di Masjid, Begini Kronologinya
Ustaz Abu Syahid Chaniago diserang pria tak dikenal - (Twitter/@Hilmi28)

Segera begitu Ustaz Abu Syahid Chaniago menghentikan ceramah, dari arah kanannya terlihat seorang pria berkaus lengan panjang berlari ke arah sang ustaz.

SuaraJogja.id - Media sosial dihebohkan sebuah video viral yang memperlihatkan Ustaz Abu Syahid Chaniago diserang orang tak dikenal (OTK) saat ceramah di Masjid Raya Baitusy Syakur, Jodoh, Batam, Kepulauan Riau, Senin (20/9/2021).

Pendakwah Hilmi Firdausi turut membagikan video penyerangan Ustaz Abu Syahid Chaniago tersebut ke Twitter, Senin.

Hilmi Firdausi menanyakan pada warganet terkait kronologi kejadian tersebut. Dirinya pun berharap supaya situasi kembali aman terkendali, apalagi bulan depan ia punya agenda di Batam.

"Ada yg tau bagaimana kronologisnya ? Sy dpt info ini terjadi di Masjid Baitusyakur Batam sebelum dzuhur tadi. Apa orang gila lagi atau ada motif lain ? Bulan depan sy akan roadshow di Batam, smg situasi aman terkendali," kicau @Hilmi28, yang kini telah mendapat 1.500 lebih likes.

Baca Juga: Viral! Video Detik-Detik Ustaz Diserang Saat Ceramah di Masjid

Tampak pada video tersebut, mulanya kondisi tenang ketika Ustaz Abu Syahid Chaniago memberikan ceramah di depan jemaah masjid.

Lalu di tengah-tengah ceramah, ia beberapa kali menengok ke arah kanan dengan mata agak melotot, tetapi sambil tetap berusaha meneruskan ceramahnya.

Namun tampaknya sang pendakwah mulai merasakan bahaya, sehingga ia berhenti berbicara dan berlari ke arah kirinya.

Benar saja, segera begitu Ustaz Abu Syahid Chaniago menghentikan ceramah, dari arah kanannya terlihat seorang pria berkaus lengan panjang berlari ke arah sang ustaz. Sontak jemaah pengajian heboh dan membubarkan diri untuk mencari pertolongan.

Video pun dilanjutkan dengan rekaman ketika pria yang hendak menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago ditahan jemaah dengan dipegangi kaki dan tangannya.

Baca Juga: Ustaz sedang Ceramah Diserang Orang Tak Dikenal di Batam

Terlihat di antara mereka seorang perempuan memukulkan kayu pada kaki pelaku, tetapi ditahan jemaah yang lain.

"Enggak usah, Bu, enggak usah," ucap seorang perempuan.

"Enggak, enggak apa-apa, enggak apa-apa, nanti dikasih ke polisi juga," sahut perempuan lainnya, diduga yang memukul pelaku.

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Petugas keamanan Masjid, Jafar, menjelaskan bahwa peristiwa penyerangan tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

"Pada saat itu memang ada pengajian ibu-ibu. Penyerangan terjadi saat ustaz tengah memberikan ceramah," terang dia, ditemui di kawasan masjid, Senin.

Pihak keamanan masjid menduga, penyerang, yang masih belum diketahui identitasnya itu, adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat ditanyai anggota pengajian pun, pelaku memberi keterangan yang berbelit-belit.

"Saya bahkan awalnya tidak tahu, baru sadar ada penyerangan terhadap Ustaz setelah ibu-ibu pengajian bawa pelaku ke pos saya. Sempat saya tanya-tanya, tapi jawaban melantur. Sepertinya ODGJ," ungkap Jafar.

Ia melanjutkan, pihak keamanan masjid mulanya tak menduga, laki-laki itu berniat menyerang Ustaz Abu Syaid Chaniago. Ketika tiba di area masjid, penyerang menggunakan pakaian rapi.

"Pelaku itu rapi saat datang, pakai jaket dan celana panjang. Kemudian dia bahkan sempat saya lihat ke arah area wudu. Setelah itu saya gak tahu kalau langsung masuk ke dalam," jelas Jafar.

Kini, kata Jafar, pelaku telah dibawa ke Polsek Batuampar, begitu juga Ustaz Abu Syahid Chaniago dan pengurus masjid.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait