alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tuntas Vaksin Dosis 1, Pemkot Jogja Targetkan Dosis 2 Rampung pada Desember 2021

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 12 Oktober 2021 | 07:47 WIB

Tuntas Vaksin Dosis 1, Pemkot Jogja Targetkan Dosis 2 Rampung pada Desember 2021
Seorang warga disuntik vaksin Covid-19 dalam kegiatan vaksinasi massal di Kantor Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Heroe optimistis bahwa proses vaksinasi dosis kedua ini dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan vaksinasi dosis kedua selesai pada Desember 2021 mendatang. Hal itu untuk menyempurnakan vaksinasi dosis 1 yang pada 7 Oktober 2021 sudah selesai atau tuntas vaksin.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan deklarasi tuntas vaksin sebelumnya tak membuat jajarannya bersantai. 

"Vaksinasi dosis kedua masih terus berjalan. Sentra-sentra Vaksin tetap beroperasi, kemudian rumah sakit, serta Puskesmas juga masih melayani," kata Heroe dihubungi wartawan, Senin (11/10/2021).

Heroe optimistis bahwa proses vaksinasi dosis kedua ini dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat. Ia berharap, sebelum pergantian tahun ke 2022, seluruh warga kota termasuk pelajar sudah dua kali tervaksin. 

Baca Juga: Warga yang Tolak Penambangan di Kali Progo Dikriminalisasi, Ini Kata LBH Yogyakarta

"Kalau perhitungan kami, itu Desember (2021) bisa selesai. Ya, semoga lancar tidak ada kendala," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja

Di samping itu, Heroe mengatakan, pihaknya juga masih melakukan pemantauan pada sebagian warga yang belum mendapat akses vaksin dosis pertama. Baik penduduk dengan NIK Kota Jogja, atau warga yang berdomisili di Jogja.

"Jadi, tetap kita lakukan vaksinasi terhadap mereka yang aktivitasnya di Jogja juga. Kalau mereka belum menerima, ya tentu akan kita vaksin itu," ujar dia.

Selain menargetkan vaksin dosis 2 selesai. Pemkot juga tak mengabaikan warga penyintas Covid-19 dan komorbid. Ketika waktunya sudah bisa mendapat vaksin juga segera disasar.

"Untuk warga Kota Jogja sendiri, yang komorbid, atau penyintas yang belum tiga bulan sembuh, masih terus diproses. Kami pantau kesehatannya agar beliau-beliau bisa layak divaksin nanti," ujar Heroe.

Baca Juga: Derbi Mataram PSIM Yogyakarta versus Persis Solo, Pengamanan Dipertebal 3 Kali Lipat

Sebelumnya, Pemkot Yogyakarta mendeklarasikan sebanyak 14 Kemantren atau Kecamatan di Kota Jogja selesai vaksinasi untuk dosis 1. Kegiatan tersebut bertepatan dengan HUT Kota Jogja ke-265 pada 7 Oktober 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait