alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat-Sifat Malaikat yang Tidak Dimiliki Makhluk Lain

Dinar Surya Oktarini Sabtu, 27 November 2021 | 18:47 WIB

Sifat-Sifat Malaikat yang Tidak Dimiliki Makhluk Lain
ilustrasi malaikat, cahaya dari langit/ sifat-sifat malaikat (Dok. Envato)

Berikut ini sifat-sifat malaikat yang tak dimiliki makhluk lainnya.

SuaraJogja.id - Sifat-sifat mailaikat sangat bertolak belakang dengan sifat yang dimiliki oleh manusia. Allah SWT menciptakan malaikat dari nur/cahaya sehingga memiliki keistimewaan dibandingkan makhluk lainnya.

Jumlah malaikat sangatlah banyak, sehingga hanya Allah lah yang tau berapa jumlah pasti malaikat. Sedangkan manusia hanya wajib mengetahui 10 malaikat dari jumlah yang sebenarnya.

Malaikat merupakan makhluk yang paling taat dan tidak pernah durhaka kepada Allah. Mereka selalu mengajak dalam kebaikan berbeda dengan setan dan jin. Sehingga mereka memiliki sifat istimewa yang berbeda dengan manusia, jin dan setan.

Berikut ini sifat-sifat malaikat yang berbeda dengan sifat manusia, jin dan setan.

Baca Juga: 3 Warga Sleman Kena Denda Rp 50 Ribu Akibat Beri Uang ke Manusia Silver

1. Malaikat Diciptakan dari Nur (Cahaya)

ilustrasi malaikat, cahaya dari langit. (Dok. Envato)
ilustrasi malaikat, cahaya dari langit/ sifat-sifat malaikat (Dok. Envato)

Berbeda dengan manusia yang diciptakan dari tanah dan jin yang diciptakan dari api, Allah menciptakan malakaikat dari cahaya. Hal ini juga dijelaskan dalam hadis riwayat muslim berikut ini:

“Malaikat itu diciptakan dari cahaya. Jin diciptakan dari api yang menyala-nyala, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian." (HR Muslim)

2. Tidak Dapat Dilihat
Malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Namun malaikat ada sepanjang kehidupan manusia. Ada yang bertugas mencatat segala amal perbuatan manusia dan ada yang dutugaskan untuk mencabut nyawa manusia.

Dari Abu Bersabda: "Wahai Salamah bahwasanya 'Aisyah berkata, rasulullah'Aisyah, ini Jibril datang dan dia menyampaikan salam kepadamu! 'Aisyah punmenjawab: Begitu pula 'alaihis salam wa rahmatullah (baginya keselamatan dan rahmat Allah), dia dapat melihatku sedangkan aku tidak dapat melihatnya, (Muttafaq Alaihi)

Baca Juga: Bacaan Latin dan Arti Surah At-Tin, Sarat Makna Bagi Kehidupan Umat Manusia

3. Tidak Berjenis Kelamin/Tidak Memiliki Keturunan
Malaikat tidak mempunyai jenis kelamin seperti manusia, jin dan setan, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka juga tidak menikah untuk memiliki keturunan. Allah mencela orang kafir yang mengatakan malaikat berjenis kelamin perempuan dan mengancam perbuatan dustanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait