alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Floem, Pembawa Hasil Fotosintesis Pada Tumbuhan

Dinar Surya Oktarini Selasa, 30 November 2021 | 12:56 WIB

Fungsi Floem, Pembawa Hasil Fotosintesis Pada Tumbuhan
Ilustrasi tanaman hias beracun/ Fungsi Floem (pexels.com)

Fungsi floem dalam tumbuhan cukup penting untuk keberlangsungan hidup tumbuhan.

SuaraJogja.id - Jaringan floem merupakan salah satu jaringan yang terdapat di dalam tumbuhan. Fungsi floem dalam tumbuhan cukup penting untuk keberlangsungan hidup tumbuhan.

Jaringan merupakan kumpulan sel-sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama. Namun ukuran setiap sel berbeda-beda. Ukuran sel menunjukkan fungsi yang dilakukan sel terhadap tumbuhan.

Organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Sementara itu organisme bersel banyak biasanya sel tidak bisa bekerja sendiri. Ada ketergantungan antara sel satu dengan lainnya. Sehingga interaksi itu membuat organisme yang membentuk jaringan bisa bertahan hidup.

Ilustrasi tanaman hias. (Dekoruma)
Ilustrasi tanaman hias/ fungsi Floem (Dekoruma)

Pada tumbuhan terdapat beberapa jaringan, yakni jaringan epidermis, jaringan dasar, jaringan penyongkong serta jaringan pengangkut. Jaringan floem termasuk dalam jaringan pengangkut. 

Baca Juga: Fungsi Xilem, Jaringan Pengangkut dalam Tumbuhan

Selain floem, jaringan yang masuk dalam jenis jaringan pengangkut adalah xilem. Jaringan yang tersusun atas pembuluh-pembuluh itu (jaringan pengangkut) berfungsi mengangkut unsur hara, air dan hasil fotosintesis.

Di dalam tumbuban jaringan floem berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis. Floem merupakan jaringan pembuluh tapis yang tersusun dari sel-sel hidup berdinding tipis. Floem berfungsi menyebarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan untuk pertumbuhan.

Jaringan floem terdiri dari sel hidup dan mati. Adapaun sel pengusun jaringan ini diantaranya sel pengantar, parankim, sel albumen, serat floem dan unsur-unsur kibral. Unsur kibral adalah penyusun floem yang mempunyai pori yang berfungsi sebagai saringan atau filter.

Berikut unsur-unsur dalam jaringan Floem:

1. Parenkim Floem

Baca Juga: 5 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih, Apa Saja?

Parenkim Floem adalah jaringan parenkim yang letaknya berada di jaringan pengangkut tapis. Komponen penyusun floem mempunyai fungsi untuk menyiman karbohidrat, tanin, lemak, resin dan zat organik lainnya. Fungsi dua sel yang ada di jaringan ini berbeda, untuk sel pengantar dan sel albumen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait