facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alami Peningkatan Kasus COVID-19, DIY Akan Lakukan Penyekatan Perbatasan Saat Nataru

Galih Priatmojo Jum'at, 03 Desember 2021 | 18:38 WIB

Alami Peningkatan Kasus COVID-19, DIY Akan Lakukan Penyekatan Perbatasan Saat Nataru
Penyekatan di Jalan Margo Utomo sudah dicabut, sehingga bisa dilalui pengguna jalan, Kamis (30/9/2021). - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Kemenkesmenyebut DIY menjadi satu dari 21 kabupaten/kota yang mengalami peningkatankasus Covid-19dalam sepekan terakhir.

SuaraJogja.id - Pemda akan melakukan penyekatan kawasan perbatasan saat libur Natal dan Tahun Baru (nataru). Kebijakan ini  diberlakukan karena saat ini tren kasus COVID-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Bahkan Kemenkes menyebut DIY menjadi satu dari 21 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir. Kasus COVID-19 di mpat kabupaten/kota di DIY seperti Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta terus saja bertambah.

"Di perbatasan akan ada sampel tapi tentu tidak semuanya teman-teman Pol PP akan teliti lagi supaya tidak ada yang sembarangan masuk ke perbatasan," papar Sekda DIY, Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (03/12/2021)

Menurut Aji, penyekatan akan dilakukan di perbatasan DIY dan Jateng. Petugas akan memeriksa surat kelengkapan perjalanan seperti sertifikat vaksin dari wisatawan yang masuk ke DIY.

Baca Juga: Percepat Penanganan, BKKBN DIY Berupaya Tekan Kasus Stunting Sampai di Bawah 14 Persen

Pemda juga menggencarkan tracing dan testing bagi masyarakat. Tracing tidak hanya di lingkungan sekolah namun juga masyarakat.

"Kita juga menyiapkan opsi-opsi kebijakan, dan menyiapkan isolasi terpadu," jelasnya.

Aji menambahkan, kebijakan nataru nantinya disesuaikn dengan tren kasus COVID-19. Namun diharapkan angka kasus dapat ditekan sehingga kondisi saat nataru bisa lebih aman.

"Kalau sekarang kita bisa 0  terus itu aman-aman saja tapi kalau sekarang ini mulai meningkat nanti nataru juga meningkat," imbuhnya.

"Makannya kita minta teman-teman aparat itu bisa melakukan pemantauan dengan sebaik baiknya," imbuh dia.

Baca Juga: Pemda DIY Desak Video Porno Siskaeee yang Dilakukan di Bandara YIA Diusut Tuntas

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait