Dua Jasad Korban Longsor di Makam Raja Mataram Ditemukan di Satu Ruang

Reza Gunadha
Dua Jasad Korban Longsor di Makam Raja Mataram Ditemukan di Satu Ruang
Pencarian korban tertimbun tanah longsor di Komplek Makam Raja-raja Mataram, Imogiri, Bantul telah memasuki hari ketiga, Rabu (20/3/2019). (Suara.com/Sri Handayani)

Kedua jenazah ditemukan di kedalaman empat hingga lima meter dari tumpukan awal. Keduanya berada dalam satu ruangan.

Suara.com - Dua jenazah korban bencana tanah longsor di kompleks Makam Raja-raja Mataram, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya ditemukan. Kedua jasad korban kekinian dibawa ke RS Bhayangkara untuk diidentifikasi.

Kasi Operasi dan Siaga Basarnas DIY Aditya Dwi Hartanto mengatakan, penemuan hingga evakuasi dua jasad korban berlangsung lama karena terkendala hujan.

“Kalau hujan turun, upaya evakuasi dihentikan karena kondisi tanah masih labil. Selain itu ada tumpukan material yang agak tebal dan bercampur beton. Itu yang menjadi kendala," kata Aditya di lokasi pencarian, Rabu (20/03/2019).

Aditya menceritakan, kedua jenazah ditemukan di kedalaman empat hingga lima meter dari tumpukan awal. Keduanya berada dalam satu ruangan.

Berdasarkan pengamatan kontributor Suara.com di lapangan, korban pertama atas nama Rufi Putri Kumala (9 tahun) ditemukan sekitar pukul 14.30 WIB. Tim pencari mulai melihat bagian kepala. Setelah itu, proses evakuasi dilakukan secara manual.

Proses pengikisan tanah dilakukan dengan menyemprotkan air dari mobil Dinas Pemadam Kebakaran. Pukul 15.00 WIB, jenazah Rufi berhasil dievakuasi.

Jenazah kedua yang diduga pengasuh Rufi, yakni Eka Supadmi (50 tahun), ditemukan di lokasi yang sama.

Posisi jenazah Eka lebih sulit untuk dievakuasi, karena tertimbun tanah dan kayu-kayu. Jenazah Eka Supadmi akhirnya bisa dievakuasi sekitar pukul 15.49 WIB.

Dengan penemuan dua jenazah ini, total jumlah korban akibat banjir, tanah longsor, dan angin kencang di Bantul menjadi lima orang.  

Kontributor : Sri Handayani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS