Akibatkan Kontroversi, Abdul Aziz Revisi Disertasi Keabsahan Seks Pranikah

Chandra Iswinarno
Akibatkan Kontroversi, Abdul Aziz Revisi Disertasi Keabsahan Seks Pranikah
Dosen UIN Surakarta Abdul Aziz. [Suara.com/Putu Ayu P]

Revisi itu, menurut Aziz termasuk mengubah judul menjadi Problematika Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrour sebagai Keabsahan Hubungan Seksual non-Marital.

Suara.com - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta Abdul Aziz akhirnya merevisi disertasinya yang kontroversial terkait keabsahan seks pranikah yang dibuatnya.

Revisi dilakukannya karena kesimpulan dari disertasi berjudul “Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrour sebagai Keabsahan Hubungan Seksual non-Marital” yang diujikan di UIN Sunan Kalijaga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat gaduh masyarakat luas.

“Mempertimbangkan kontroversi terkait disertasi yang saya tulis maka saya menyatakan akan merevisi disertasi tersebut berdasarkan atas kritik dan masukan dari para promotor dan penguji pada ujian terbuka,” papar Aziz di UIN Sunan Kalijaga, Selasa (3/9/2019).

Revisi itu, menurut Aziz termasuk mengubah judul menjadi “Problematika Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrour sebagai Keabsahan Hubungan Seksual non-Marital”. Selain itu menghilangkan beberapa bagian kontroversial dalam disertasinya.

Aziz minta maaf kepada umat Islam karena kontroversi yang dibuatnya. Dia menerima kritik dan saran dari para promotor dan penguji. Di antaranya analisis dari pemikiran Syahrour yang dianggap promotor kurang komprehensif.

“Ada diskusi dengan para promotor dan penguji untuk merevisi disertasi saya,” paparnya.

Dosen fakultas syariah ini mengaku tidak mendapatkan tekanan dari pihak kampus, baik UIN Sunan Kalijaga maupun UIN Surakarta untuk melakukan revisi.

“Tidak ada tekanan. Seperti biasa saja. Biasa saja kalau ada keberatan,” ungkapnya.

Laki-laki 68 tahun ini mencoba mengikuti prosedur dari proses pengujian disertasi yang dibuatnya. Sebab untuk bisa menyelesaikan disertasi, dia tidak bisa melakukannya tanpa bantuan promotor.

“Sudah biasa bongkar pasang sejak proposal, tidak keberatan,” katanya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS