Pengunjung Meningkat, Taman Pintar Jogja Buka Setiap Hari hingga Awal 2020

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Pengunjung Meningkat, Taman Pintar Jogja Buka Setiap Hari hingga Awal 2020
Taman Pintar Yogyakarta - (Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Tak hanya buka setiap hari, Taman Pintar juga menyediakan sejumlah alat peraga baru.

SuaraJogja.id - Menyambut libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), jumlah pengunjung Taman Pintar Yogyakarta meningkat sejak pertengahan November 2019. Untuk itu, hingga akhir tahun nanti tempat wisata dan edukasi ini akan beroperasi setiap hari, termasuk Senin.

"Biasanya, kami tutup pada Senin karena dimanfaatkan untuk pemeliharaan berbagai peralatan. Tetapi, menjelang libur akhir tahun ini, Taman Pintar buka setiap hari. Dari Senin sampai Minggu. Tidak ada libur," ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Afia Rosdiana di Yogyakarta, Minggu (15/12/2019), dikutip dari Antara.

Afia menuturkan, kebijakan untuk buka setiap hari ini akan diberlakukan sampai awal 2020 supaya tidak ada wisatawan dari luar daerah yang kecewa mendapati Taman Pintar saat inign berkunjung.

Perubahan jadwal operasional Taman Pintar ini, kata Afia, hanya berlaku untuk harinya, sementara jamnya tetap sama, yaitu buka dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Tak hanya buka setiap hari, Taman Pintar juga menyediakan sejumlah alat peraga baru. Di antaranya "sand box", X-ray table yang memungkinkan pengunjung mengetahui berbagai organ dalam tubuh manusia. Selain sand box, ada juga "magic wall".

"Tema magic wall adalah akuarium yang diproyeksikan ke dinding. Dulu pernah kami buat di lantai. Saat ada orang melintas, ikan akan berenang menjauh. Namun, untuk magic wall ini, akan muncul nama ikan saat gambar ikan disentuh," jelas Afia.

Berbagai alat peraga baru itu bisa diakses pengunjung sejak awal Desember di Gedung Oval dan Gedung Kotak.

"Kami juga sudah menyiapkan ruang bermain anak di lantai tiga. Ruangan ini sekaligus sebagai tempat istirahat karena banyak pengunjung yang merasa capai usai berkeliling berbagai zona hingga ke lantai tiga," tambahnya.

Sejak pertengahan November hingga saat ini, jumlah pengunjung di Taman Pintar Yogyakarta terus meningkat, rata-rata mencapai 6.000 hingga 7.000 pengunjung per hari.

"Pada libur akhir tahun, jumlah pengunjung juga diperkirakan mencapai lebih dari 7.000 orang per hari," ungkap Afia.

Ia menambahkan, puncak kunjungan akan terjadi saat libur Nataru. Meski begitu, selama libur akhir tahun tidak ada penambahan jumlah personel di Taman Pintar Jogja.

Pihaknya akan mengoptimalkan petugas yang sudah ada dan meminta pengunjung untuk selalu memperhatikan kebersihan supaya kenyamanan seluruh pengunjung tetap terjaga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS