Indeks Terpopuler News Lifestyle

Trending #UniversitasNggaweSusah, Mahasiswa UNS Keluhkan Biaya Kuliah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina Senin, 20 Juli 2020 | 17:38 WIB

Trending #UniversitasNggaweSusah, Mahasiswa UNS Keluhkan Biaya Kuliah
Mahasiswa UNS melakukan aksi di depan kampus, dan membuat treding Universitas Nggawe Susah

Tagar tersebut dipenuhi dengan cuitan warganet yang mengeluhkan tingginya biaya pendidikan di tengah pandemi.

SuaraJogja.id - Tagar UniversitasNggaweSusah menjadi trending nomor satu di Twitter Indonesia, Senin (20/7/2020) sore. Hal tersebut terjadi beriringan dengan jalannya aksi unjuk rasa di halaman Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (Solo).

Dari ribuan twit yang turut meramaikan #UniversitasNggaweSusah, ada unggahan yang sengaja mengajak masyarakat untuk meramaikan tagar tersebut. Aksi digelar dengan tuntutan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dinilai terlalu tinggi dengan kondisi pandemi saat ini.

Tagar ini dipenuhi dengan cuitan warganet yang mengeluhkan tingginya biaya pendidikan di tengah pandemi. Selain itu, foto-foto aksi mahasiswa yang mengenakan almamater UNS juga tampak memenuhi tagar yang menjadi trending topic di Twitter itu.

"Ayah dan seluruh pimpinan, sepurane gak kabeh mahasiswa iso nuruti karepmu mbayar iki mbyar iku cak cek kudu tepat waktu gek pas pandemi koyo ngene wongtuoku 2 2 ne kedampak, ekonomi gur sebatas bertahan hidup kok opo2 jik mekso kudu. (Ayah dan seluruh pimpinan, maaf gak semua mahasiswa bisa menuruti keinginanmu bayar ini bayar itu yang harus tepat waktu disaat pandemi seperti ini kedua orangtuaku terdampak, ekonomi hanya sebatas bertahan hidup kok apa-apa masih memaksa harus)," tulis akun @titaadst, menyertakan tagar dan gambar mahasiswa yang mengikuti aksi.

"Kalau mahasiswanya nyampaikan aspirasi tuh didengerin pak. Bukan nyuruh anak buahmu untuk negur (yang katanya) anakmu sendiri xixixi. #UniversitasNggaweSusah," cuit akun @aburraihan.

"Keuangan UKT pilah pilih pdhl pandemi global, biaya almamater, SPI naik, kouta KIP belum ada, SPI Rp. 0 dihilangkan, ngajak audiensi terusan ditolak, yang membuat kritikan pun dipanggil olleh rektorat. Ayo datang dan Suarakan #UniversitasNggaweSusah #GwsUNS," keluh akun @petitepoute.

"#UniversitasNggaweSusah mau wisuda aja SOPnya gak jelas! Admin dichat via whatsapp tidak dibalas, mau datang ke kampus malah tutup!," tambah akun @seberinnn.

"Itu yang bikin kebijakan jika tidak berpihak kepada mahasiswa mending angkat kaki #UniversitasNggaweSusah," ungkap @anrohman.

"Assalamualaikum, Pak Rektor. Katanya bapak pasti menampung dan mendengarkan aspirasi anak-anaknya kan? Yuk pak dateng ke boulevard yuk. Ditungguin anak-anaknya," ketik akun @k3sayanganmu, meminta kehadiran rektor.

Tagar UniversitasNggaweSusah sendiri memiliki arti "Universitas Membuat Susah". Tagar tersebut turut diramaikan oleh akun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS, BEM sekolah vokasi UNS, dan BEM FKIP UNS. Melalui akun BEM UNS, disampaikan Dasasila Maklumat Mahasiswa UNS, seperti berikut ini:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait