Bukan Smartphone, Siswa Ini Pakai Handy Talkie untuk Sekolah Selama Pandemi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Bukan Smartphone, Siswa Ini Pakai Handy Talkie untuk Sekolah Selama Pandemi
Sekolah daring pakai handy talkie - (Instagram/@undercover.id)

Di akhir ucapannya, sang guru mengatakan, "ganti."

SuaraJogja.id - Selama pandemi Covid-19, tak semua guru dan siswa bisa menjalankan proses sekolah daring dengan lancar karena kendala ketersediaan smartphone atau jaringan internel salah satunya. Namun, ada guru yang kreatif dengan menggunakan handy talkie sebagai smartphone.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) jarak jauh menggunakan handy talkie itu terlihat dalam video unggahan akun Instagram @undercover.id. Dalam video yang dibagikan pada Jumat (24/7/2020) itu, terlihat seorang bocah sedang belajar.

Ia duduk menghadap buku tulis dan buku paket di atas meja. Sambil menulis sesuatu, bocah laki-laki ini juga tengah mendengarkan suara yang bersumber dari handy talkie di dekatnya.

Sekolah daring pakai handy talkie - (Instagram/@undercover.id)
Sekolah daring pakai handy talkie - (Instagram/@undercover.id)

TONOTN VIDEONYA DI SINI.

Dari situ terdengar suara guru perempuan yang tengah menginstruksikan siswa untuk mengerjakan tugas dalam waktu 30 menit lalu mengumpulkannya ke sekolah. Ia juga mempersilakan siswa untuk mengajukan pertanyaan melalui radio serta mengingatkan mereka untuk memakai masker. Di akhir ucapannya, sang guru mengatakan, "ganti."

Setelah itu, terdengar suara bocah laki-laki yang menanyakan pada gurunya tentang tugas yang diberikan. Ia juga mengakhiri kalimatnya dengan kata "ganti". Pertanyaan itu kemudian dibalas sang guru melalui percakapan di handy talkie tersebut.

Video sekolah daring yang menggunakan alternatif handy talkie ini banyak dikomentari warganet. Akun @undercover.id sendiri mengunggahnya dengan caption berbunyi, "Masyarakat Indonesia emang cerdas² kalau ada masalah, ada aja caranya..."

Hingga kini video tersebut sudah ditonton lebih dari 5.900 kali.

"Kreatif nih caranya dan sebuah solusi," komentar @aam_amrullah.

"Lulus jadi intel," gurau @gusalipi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS