Sambut HUT RI, Fortais Sewon Gelar Nikah Massal Bertema Merah Putih

Galih Priatmojo
Sambut HUT RI, Fortais Sewon Gelar Nikah Massal Bertema Merah Putih
Pembekalan acara jelang nikah bareng Merah Putih yang digelar oleh Fortais Sewon di KUA Kretek Bantul, Selasa (28/7/2020). [ist]

Kegiatan nikah massal yang akan digelar selama dua pekan ini akan jadi pernikahan marathon unik pertama di Indonesia

SuaraJogja.id - Berangkat dari keprihatinan atas kondisi sebagian masyarakat yang tidak mampu melaksanakan pernikahan, sekaligus untuk menggeliatkan kembali industri wedding, Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) Sewon, Bantul menggelar nikah massal bertajuk Nikah Bareng Merah Putih Bersatu Merajut Kasih, Berjuang di Tengah Pandemi untuk Indonesia Maju.

Ketua Golek Garwo Fortais Sewon & Nikah Bareng Nasional, RM. Ryan Budi Nuryanto mengatakan, kegiatan nikah massal ini merupakan untuk yang kelima kalinya digelar. Selain untuk menggairahkan kembali industri wedding di DIY selama pandemi, kegiatan ini sekigus dilangsungkan untuk merayakan Dirgahayu Indonesia ke-75 serta HUT Fortais ke-9. 

"Acara ini adalah yang ke - 5 (lima) Nikah Bareng yang digelar selama pandemi covid-19. Dalam kegiatan ini kami dibantu juga oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bantul, didukung Pemerintah Kabupaten Bantul, PMI Bantul, Latifa Jewerly, Paguyuban Rias Kinasih, Paguyuban Rias Sekar Kantil, Puluhan MUA (make up artis), Komunitas Fotografi Indonesia Region DIY, Semanak Dekor, Java Videotron, Pita Biru Production, Taman Bunga dan berbagai pihak," terangnya seperti rilis yang diterima SuaraJogja, Selasa (28/7/2020).

Sementara, jelang perhelatan nikah massal yang akan digelar mulai 2 Agustus 2020, bertempat di KUA Kretek Bantul puluhan calon pengantin sesuai protokol kesehatan mengikuti  pembekalan Bela Negara dan Adaptasi Kebiasan Baru sekaligus Keluarga Sakinah. Acara yang di awali dengan bersama – sama menyanyikan lagu Indonesia Raya disusul dengan bersama- sama bersemangat mengepalkan tangan meneriakan Dirgahayu RI ke-75 Tahun Merdeka !!.

Pada pembekalan manten tersebut Kepala KUA Kretek Mustafied Amna, S.Ag, M.H. berharap dengan momentum ini dapat menciptakan keluarga baru yang berkarakter Indonesia yang berjiwa nasionalis dan sakinah dalam rangka mendukung program “Pusaka Sakinah” (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) yang menjadi pilar program KUA Kretek.

"Acara pembelakan tersebut diisi pula oleh pemateri dari Kapolsek Kretek, Danramil Kretek dan Kepala KUA Kretek yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul H. Aidi Johansyah, S.Ag.,MM," terangnya. 

Lebih jauh, RM. Ryan Budi Nuryanto menegaskan dengan adanya acara nikah massal yang bertepatan dengan HUT Republik Indonesia tersebut, diharapkan dapat tertanam rasa juang kebangsaan di tengah masa pandemi covid-19. Bersama–sama bangkit dan berbagi untuk sesama sekaligus menginsiprasi pelaku industri pariwisata, industri wedding dan calon pengantin mengenai pernikahan aman dengan perilaku adaptasi kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan.

"Sehingga pernikahan kali ini membawa misi : sosial, religi, budaya, pariwisata dan kebangsaan serta membantu menggerakkan roda perekonomian industri pariwisata dengan bersinergi industri wedding untuk menjual DIY khususnya Kabupaten Bantul sebagai Destinasi Wedding. Insyaalloh pada Momentum ini akan kami persembahkan pernikahan pasangan ke 8375 untuk Dirgahayu Indonesia ke-75 Tahun dan HUT FORTAIS ke-9 di Pernikahan Bareng ke-5 tahun 2020 ini," jelasnya.

Pada kesempatan lainnya, Kepala Kemenag Bantul, Aidi Johansyah menyambut baik atas terselenggaranya acara Nikah Bareng dalam rangka  75 Tahun Kemerdekaan RI ini. Ia berharap kegiatan tersebut dapat membantu meringankan beban para catin (calon manten) dan juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal yang sama disampaikan juga perwakilan Paguyuban Rias Sekar Kantil Rakhmadewi dengan adanya acara nikah massal tersebut perias dapat berkarya kembali, bersosial dan memeriahkan HUT RI ke-75 Tahun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS