facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

30 Puskesmas dan 7 Rumah Sakit di Gunungkidul Terima Vaksin Covid-19 Besok

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Senin, 25 Januari 2021 | 15:10 WIB

30 Puskesmas dan 7 Rumah Sakit di Gunungkidul Terima Vaksin Covid-19 Besok
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Elements Envato)

Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Gunungkidul Abdul Azis mengatakan, pihaknya menerima sebanyak 5.544 dosis vaksin.

SuaraJogja.id - Sebanyak 30 Puskesmas, 7 rumah sakit, dan 2 klinik di Gunungkidul akan melaksanakan vaksinasi. Mulai Selasa (26/1/2021) besok, mereka akan menerima ribuan vaksin Sinovac dari pemerintah.

Hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mulai menerima kiriman vaksin Covid-19. Ribuan dosis vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Gunungkidul tiba pada Senin (25/01/2021) siang ini. Vaksin-vaksin tersebut berasal dari gudang farmasi milik Dinas Kesehatan DIY.

Kedatangan vaksin tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Rombongan kendaraan pembawa logistik vaksin tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul sekitar tengah hari tadi.

Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Gunungkidul Abdul Azis mengatakan, pihaknya menerima sebanyak 5.544 dosis vaksin. Begitu tiba di gudang milik Dinkes Gunungkidul, Abdul mengatakan, pihaknya akan langsung berkoordinasi siang ini.

Baca Juga: Ketua IDI Metro Orang Pertama Divaksin Covid-19

"Proses vaksinasi akan dipercepat dari rencana semula," paparnya, Senin (25/1/2021), usai menerima vaksin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul telah menerima vaksin dan perlengkapan lainnya untuk penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Pada tahap pertama ini, Dinkes mendapatkan 5.544 dosis vaksin, yang akan digunakan untuk vaksinasi tahap pertama bagi 3.004 tenaga medis di Gunungkidul.

Menurutnya, vaksin yang diterima ini akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan tenaga medis 2 dosis. Vaksin disimpan di cool room yang tersedia di Dinas Kesehatan, kemudian dalam proses pendistribusiannya menggunakan kendaraan khusus.

"Nanti akan ada kendaraan khusus yang ada pendinginnya begitu pula di Puskesmas juga ada pendingin vaksin," tambah dia.

Vaksinasi tahap pertama ini akan dilakukan untuk pejabat teras Pemkab Gunungkidul dan tenaga medis. Namun demikian, ada sortir siapa saja yang mendapatkan vaksin. Sementara itu, bagi tenaga medis yang hamil, memiliki komorbid, hipertensi, ataupun tensi tidak stabil, maka vaksinasinya akan ditunda terlebih dahulu.

Baca Juga: Disuntik Vaksin, Bupati Rembang Abdul Hafidz: Lebih Sakit Ditampar Istri

Abdul mengungkapkan bahwa setelah penerimaan ini, akan dilakukan rapat koordinasi untuk menentukan waktu pelaksanaan vaksinasi, yang direncanakan akan bersamaan dengan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait