alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Lagi Destinasi Wisata Sleman Ujicoba Buka, Sekarang Giliran Merapi Park

Galih Priatmojo Jum'at, 24 September 2021 | 10:29 WIB

Satu Lagi Destinasi Wisata Sleman Ujicoba Buka, Sekarang Giliran Merapi Park
Sejumlah jajaran pimpinan Dispar Sleman, Dispar DIY, Pemkab Sleman dan pengelola dalam uji coba pembukaan Merapi Park, Kamis (23/9/2021 (dok.ist/Bagian Humas dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman)

Merapi Park mulai diujicoba dibuka

SuaraJogja.id - Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Sleman diujicoba buka. Kali ini Merapi Park menjadi destinasi wisata Sleman yang mulai diujicoba buka, Kamis (23/9/2021).

Komisaris Merapi Park Bambang Utomo menjelaskan, sebelum dipukul pandemi, jumlah pengunjung di Merapi Park bisa mencapai 8.000 pengunjung per satu waktu. Tetapi ketika pandemi, mereka hanya menerima pengunjung dengan jumlah sesuai arahan pemerintah, yakni maksimal 25% kapasitas atau sekitar 2.000 orang.

Pihaknya yang telah menyanggupi untuk mengikuti arahan itu, mengingat areal wisata di Merapi Park luas dan tersebar di ruang terbuka.

"Hanya dipesankan tadi, [area] kolam renang, waterpark jangan dulu dibuka. Jadi kami juga gak bisa," tuturnya, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Hadapi New Normal, Merapi Park Siapkan Ruang Isolasi Khusus Covid-19

Dinyatakan sudah aman dikunjungi wisatawan, total ada 40 orang karyawan bekerja di Merapi Park yang seluruhnya sudah menerima dua kali suntikan vaksin Covid-19.

Merapi Park berharap, setelah diujicoba buka ini maka pengunjung akan semakin banyak dan menikmati wisata di Merapi Park dengan nyaman.

Selanjutnya memberikan efek terhadap pendapatan daerah, ekonomi bisa tumbuh. Begitu pula ada efek positif kepada pedagang-pedagang yang ada di sekitar Merapi Park.

"Mudah-mudahan rekan jip yang selama ini sepi tamu akan dapat tamu baru yang menikmati suasana gunung Merapi," tambahnya.

Tak hanya bersenang hati sudah diujicoba buka di masa pandemi, bila situasi sudah jauh lebih kondusif, Merapi Park sedianya terus berinovasi dengan membangun dua zona baru.

Baca Juga: Cerita Petugas Kebersihan Merapi Park, Rindukan Bonus buat Bahagiakan Anak

"Salah satunya zona Jurassic Park, kawasan satwa langka tempo dulu yang secara visual tiga dimensi, bisa bergerak dan mengeluarkan suara, nanti berada di sisi selatan," ujarnya.

Zona satu lagi yaitu satu taman koleksi bunga nusantara atau botanical garden.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Suparmono mengungkapkan, setelah ujicoba membuka Tebing Breksi, Dispar sudah mengevaluasi dan memberikan kesempatan destinasi wisata di sana terus beroperasi.

Hari ini dan Jumat (24/9/2021) Dispar akan mengujicoba buka Merapi Park dan Keraton Ratu Boko. Pasalnya izin resmi dari kementerian sudah turun.

Selain menugaskan staff Dispar untuk memantau ke lokasi destinasi wisata di Sleman, Satgas Covid-19 Sleman juga terus memantau di lokasi wisata.

"Kalau belum waktunya buka dan ternyata buka, kami ingatkan belum waktunya buka," ucapnya.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo menyebutkan, seluruh destinasi wisata masih ditutup sementara, kecuali yang melakukan uji coba secara terbatas.

Menurut dia, saat ini ada tujuh destinasi yang sudah mengantongi izin resmi uji coba. Sehingga Singgih berharap destinasi lain bisa bersabar terlebih dahulu.

"Karena sifatnya masih uji coba, kita lihat positif dan negatifnya. Sehingga kalau nanti sudah settle tertata dengan baik, maka seiring dengan penurunan level pasti akan diperbolehkan," terangnya.

Singgih mengimbau pengelola wisata untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut akan menjadi fokus dari pemantauan baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, untuk memastikan tidak adanya pelanggaran dalam operasional destinasi wisata.

Kontributor : Uli Febriarni

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait