alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

11 Destinasi Wisata Gunungkidul yang Wajib Kamu Datengin, Ada Kalisuci Hingga Ngandong

Galih Priatmojo Jum'at, 24 September 2021 | 15:16 WIB

11 Destinasi Wisata Gunungkidul yang Wajib Kamu Datengin, Ada Kalisuci Hingga Ngandong
Kalisuci Cave Tubing. (Instagram/@gudut_setiabudi)

Berikut deretan destinasi wisata Gunungkidul yang wajib kamu sambangi setelah PPKM di DIY turun yaa.

SuaraJogja.id - Selama ini Gunungkidul dikenal karena keindahan destinasi wisata pantainya. Tapi lebih dari itu, nyatanya kawasan yang berada di selatan Yogyakarta ini memiliki sejumlah destinasi wisata alternatif, mulai dari gua hingga telaga. 

Berikut daftar destinasi wisata Gunungkidul yang wajib kamu kunjungi:

1. Gua Gelatik

Terdapat sekumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun indah yaitu Gua Gelatik. Lokasinya berada di Desa Bejiharjo, Gunungkidul. Gua yang masih terjaga keasliannya dan memiliki panjang sejauh 400 meter. Ketika memasuki gua ini, kamu harus menunduk kepala yak karena guanya sedikit rendah. Biaya untuk memasuki Gua Gelatik ini sangat ramah dikantong, kamu cukup membayar Rp30.000 saja.

Baca Juga: Harga Pakan Melambung, Peternak Gunungkidul Dapat Bantuan 85 Ton Jagung dari Jokowi

Fasilitas yang ditawarkan diantaranya jemputan, pemandu wisata, loker, helm, penerangan, tabung oksigen untuk bantuan agar tidak pengap ketika menyusuri Gua tersebut. Gua Gelatik selalu ramai pengunjung, mulai dari pengunjung biasa hingga pecinta alam.

2. Gua Jomblang

Nah di Goa ini kamu dapat melihat “Cahaya Surgawi”. Selain itu, kamu bisa melihat stalagmite hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam gua. Pemandangan yang menakjubkan yang dapat menerangi stalaktit dan stalagmite dapat membuat dasar lantai menjadi indah. Jika kemu penasaran dengan Gua Jomblang, kamu dapat langsung ke Desa Pacarejo, Gunungkidul. Untuk memasuki Gua Jomblang memang dikenakan biaya yang mahal sekitar Rp450.000 – Rp1.000.000.

3. Cave Tubing Kalisuci

Bagi kamu yang ingin berlibur dengan sensasi yang berbeda dari biasanya, kamu bisa mengunjungi Cave Tubing Kalisuci. Cave Tubing Kalisuci menawarkan untuk menyusuri sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban. Pengalaman yang didapat pasti menyerukan. Tiket masuk ke Cave Tubing Kalisuci sekitar Rp80.000. ketika menyusuri sungai kamu akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan gua.

Baca Juga: 5 Wisata Baru di Gunungkidul 2021, Suguhkan View Menyegarkan untuk Liburan Akhir Pekan

4. Telaga Jonge

Destinasi wisata telaga dengan air yang melimpah dan udara nan sejuk yaitu Telaga Jonge. Salah satu tempat yang disukai para pemancing Jogja, Semarang, Kebumen dan Jawa Timur. lokasinya berada di Desa Pacarejo, Kec Semanu, Gunungkidul. Telaga Jonge cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat akhir pekan tiba.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Telaga Jonge di Semanu Gunungkidul Yogyakarta dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Kamu bisa meminta panduan arah ke Wisata Telaga Jonge di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

5. Embung Batara Sriten

Di wisata Yogyakarta selanjutnya ada Embung Batara Sriten yang menyediakan panorama menyerukan seperti, duduk di gazebo sambil menikmati udara sejuk. Lokasinya di Pegunungan Baturagung Utara yang disingkat menjadi Batara, tepatnya di wilayah Padukuhan Sriten. Siapa menyangka lokasi tersebut menjadi puncak tertinggi di wilayah Handayani dengan ketinggian 859 meter diatas permukaan laut. Kamu juga bisa melihat sunrise maupun sunset. Salah satu tempat wisata yang patut kamu kunjungi. Jangan sampai terlewatkan ya. Tiket masuk cukup membayar Rp4.000 saja.

6. Pantai Baron

Salah satu objek wisata pantai yang terletak di Desa Kemandang, Gunungkidul. Pantai yang memiliki keunikan adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Kamu juga bisa melihat bukit yang berada di sekitar pantai. Di pantai ini terdapat beragam ikan laut segar maupun dalam bentu siap saji. Jika kamu mengunjungi Pantai Baron kamu harus mencoba Sop Kakap Baron. Harga tiket masuk ke Pantai Baron sekitar Rp10.000 saja.

7. Pantai Kukup

Selanjutnya ada Pantai Kukup yang letaknya dekat Pantai Baron jaraknya sekitar 1 km saja. Pantai berpasir putih ini terkenal dengan aneka ikan hias yang dijual di pinggir pantai. pantai Kukup menjadi destinasi favorite bagi pengunjung lho. Cukup menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Di sana kamu bisa berenang sambil melihat biota laut, terumbu karang dan masih banyak lagi.

Ketika pasang surut air laut, kamu masih tetap bisa melihat kejernian airnya yang tertampung di terumbu karang. Tetapi kamu harus berhati–hati ya, biasanya jika surut terdapat banyak sekali bulu babi yang terdampar. Harga tiket masuknya juga terjangkau lho hanya membayar Rp10.000 saja.

8. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan pantai terpanjang diantara pantai lainnya. Letaknya berada di Desa Ngestirejo, sekitar 3 km dari deretan Pantai Baron. Pantai yang landai dan berpasir putih ini juga banyak dikunjungi wisatawan lho. pantai Krakal memang terkenal dengan panoramanya yang indah. Selain itu terdapat ikan hias, batu karang hitam yang menjulang tinggi. Uniknya lagi batu karang tersebut ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Tedapat gazebo untuk menikmati keindahan sekitar pantai. pantai ini juga cocok dijadikan tempat berselancar. Rute yang kamu lalui juga mudah, butuh waktu 3 jam dari pusat kota Yogyakarta ke kawasan pantai. tiket masuknya hanya sebesar Rp10.000 per orang.

9. Pantai Drini

Pantai yang masih terbilang perawan karena belum banyak orang yang menghampiri pantai tersebut. kondisi airnya masih bersih, udaranya sejuk dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Ketika berada disana kamu bisa melihat rumput laut diatas terumbu karang dan biota laut. Untuk sampai ke pantai ini kamu cukup menempuh jarak 60 km sekitar 2–3 jam. Lokasinya berada di Tanjungsari, Gunungkidul. Harga tiket masuknya dibanderol Rp10.000 saja dengan harga segitu kamu bisa menikmati keseruan didalamnya.

10. Pantai Ngandong

Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo Kec Tepus sekitar 500 meter sebelah barat Pantai Sundak. Pantai yang terkenal dengan rumah singgah komunitas of Roader. Yang mana fasilitasnya tidak kalah dengan hotel bintang lima. Kamu juga bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa menikmati batu karang yang di tumbuhi dengan rerumputan hijau yang dipadu dengan pasir putih yang menarik lalu warna biru laut yang semakin menjadi paduan yang menawan. Pantai ini juga dikenal dengan daya tarik tempat makan untuk kuliner seafood. Tiket masuk Pantai Ngandong sekitar Rp10.000 saja.

11. Pantai Wediombo

Terakhir ada Pantai Wediombo yang memiliki pasir putih dan sangat tepat untuk menyaksikan matahari terbenam karena pantai ini dapat dilihat terbuka baik dari atas maupun bawah perbukitan dan pesisir pantai. pantai ini juga terkenal akan budaya “Ngalangi” yaitu upacara prosesi menangkap ikan secara bersama oleh masyarakat setempat. Kamu cukup menyediakan biaya sebesar Rp10.000 saja lho. dengan harga segitu kamu bisa melakukan kegiatan menyerukan seperti, memancing, berenang. Menariknya lagi pantai ini menyediakan spot foto bagus dengan pemandangan nan apik yang ada disekitarnya, kamu juga bisa sambil bercamping ria. Pantai Wediombo cocok untuk liburan bersama kelurga, teman maupun pasangan.

Itulah daftar destinasi wisata Gunungkidul yang wajib kamu kunjungi setelah PPKM di DIY sudah turun ke level 2. 

Penulis: Elisa Naomi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait