alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Catat, Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Risna Halidi Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Catat, Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia
Sebagai ilustrasi: Pekerja menyelesaikan mural bertemakan Proklamasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Aren 02, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (22/7/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Berikut ini adalah makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia.

SuaraJogja.id - Makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Pada Jumat, 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Kemerdekaan itu ditandai dengan pembacaan teks proklamasi yang dilakukan oleh Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Proklamasi menjadi momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Karena sejak saat itu Indonesia sudah merdeka dari segala bentuk penjajahan.

Meski teks proklamasi singkat, namun teks itu mempunyai makna yang sangat besar bagi seluruh Bangsa Indonesia. Kabar menggembirakan itu secara langsung disiarkan melalui radio dan media cetak di berbagai daerah.

Peristiwa penting ini tentunya memiliki makna tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Sebab perjuangan yang telah dilakukan selama beratus-ratus membuahkan hasil. Banyak pahlawan dan masyarakat yang gugur dalam peperangan melawan penjajah.

Baca Juga: Digitalisasi Harus Menumbuhkan Semangat Nasionalisme dan Perekat Bangsa Indonesia

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (cagarbudaya.kemdikbud.go.id).
Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (cagarbudaya.kemdikbud.go.id).

Berikut makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia:

1. Aspek politik
Setelah proklamasi, Indonesia mempunyai kedaulatan rakyat yakni pengakuan dari rakyat Indonesia. Bahwa sejak saat itu pemerintah Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi dan bebas dari penjajahan.

Dengan proklamasi Indonesia menyatakan sebagai bangsa berdaulat serta memiliki kedudukan yang sama dengan negara lain. Setelah merdeka, Indonesia bisa menentukan sikap tanpa ada pemaksaan.

2. Aspek Sosial
Dengan adanya proklamasi kemerdekaan, segala bentuk diskriminasi rasial mulai dihapuskan dari Bangsa Indonesia. Semua warga Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama di semua bidang.

Tidak ada perbedaan suku, ras dan agama. Proklamasi memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan. Masyarakat mulia membangun kembali bangsa setelah sekian lama dijajah.

Baca Juga: Mahasiswi Untag Surabaya Meninggal Diduga Akibat Kelelahan Akut

3. Aspek Ekonomi
Dari segi ekonomi, Indonesia mempunyai kewenangan menuju masyarakat sejahtera dengan kekuasaan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri. Sehingga perdagangan dala negeri tidak lagi dimonopoli dan dirampas oleh pihak asing.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait