facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Renang Gaya Dada, Manfaat Serta Teknik-tekniknya

Risna Halidi Senin, 08 November 2021 | 18:32 WIB

Renang Gaya Dada, Manfaat Serta Teknik-tekniknya
Ilustrasi berenang gaya dada

Ada beragam manfaat renang gaya dada bagi kesehatan. Di antaranya adalah:

SuaraJogja.id - Renang gaya dada atau yang sering disebut sebagai gaya katak adalah salah satu gaya renang yang dilakukan dengan membuka kedua tangan dan kaki dalam ritme tertentu sehingga kekuatan bisa berkumpul di area dada dan mendorong tubuh ke depan saat berada di dalam air.

Ada beragam manfaat renang gaya dada bagi kesehatan. Di antaranya adalah:

Manfaat Renang Gaya Dada

1. Baik untuk pemula
Manfaat renang gaya dada adalah baik untuk pemula karena mereka bisa melakukan gaya ini dengan tetap berada di permukaan air. Dengan demikian, perenang pemula bisa tahu posisi mereka di air dan tidak rentan panik.

Baca Juga: Cobalah Minum Air Dalam Jumlah Cukup, Ini 5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh!

Gaya dada juga memberikan waktu bagi siapa pun untuk belajar dengan tenang dan tidak terburu-buru. Mereka tak perlu bergerak terlalu cepat dan bisa menyesuaikan tempo dengan kemampuan masing-masing.

Ilustrasi Renang (pixabay)
Ilustrasi Renang (pixabay)

2. Hemat energi
Ketika melakukan gaya dada, ada waktu recovery yang cukup untuk tangan dan kaki secara bergantian. Ini jika dibandingkan dengan gaya renang lainnya, tubuh bisa mencuri waktu beristirahat lebih banyak saat melakukan gaya dada.

Gerakan kaki yang konstan ke samping juga memberikan waktu bagi gerakan sebelumnya untuk mendorong seseorang bergerak di dalam air sebelum melakukan gerakan selanjutnya.

3. Olah seluruh tubuh
Perenang dengan gaya dada, seluruh bagian tubuhnya ikut bergerak. Jika dilakukan dengan konsisten, berarti membangun kekuatan, daya tahan, dan kemampuannya mengolah seluruh tubuh.

4. Membakar kalori
Manfaat renang gaya dada salah satunya adalah membakar 200 kalori selama berenang 30 menit.

Baca Juga: Benarkah Kebanyakan Makan Kayu Manis Bisa Sebabkan Keracunan? Ini Faktanya!

5. Olahraga kardio yang baik
Manfaat renang gaya dada yang tak kalah penting adalah membantu memperkuat jantung dan paru-paru. Secara fisik, gerakan dalam gaya dada bisa membentuk otot di paha, punggung atas, trisep, paha belakang, kaki bagian bawah, dan dada.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait