facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Fungsi Tangkai Bunga yang Jarang Diketahui Orang

Dinar Surya Oktarini Rabu, 01 Desember 2021 | 10:48 WIB

Mengenal Fungsi Tangkai Bunga yang Jarang Diketahui Orang
Ilustrasi Bunga Krisan/ fungsi tangkai bunga (Pexels)

Selain kelopak, yuk simak deretan fungsi tangkai bunga.

SuaraJogja.id - Mendengar tentang bunga tak jauhdari batang dan daunnya. Ketiganya memiliki kegunaan masing-masing, termasuk fungsi tangkai bunga

Bunga seringkali diidentikan dengan keindahan. karena itu bunga seringkali hadir untuk melengkapi dekorasi rumah, kantor atau pada acara khusus seperti ulang tahun dan pernikahan. Karena itu banyak orang yang menyukai bunga sebagai pertanda dia menyukai keindahan.

Meski banyak orang yang menyukai bunga karena faktor keindahannya, mungkin tak banyak yang tahu bagian-bagian dari bunga beserta fungsinya. Apalagi fungsi tangkai bunga yang seringkali luput dari perhatian kita. Nah, tulisan ini akan membahas secara khusus mengenai fungsi tangkai bunga.

Ilustrasi bunga poppy - (Pixabay/cocoparisienne)
Ilustrasi bunga poppy / fungsi tangkai bunga (Pixabay/cocoparisienne)

Mengenal bagian-bagian bunga

Baca Juga: Populer sebagai Bahan Produk Perawatan, Ini 5 Manfaat Calendula bagi Kulit

Sebelum kita masuk kepada pembahasan mengenai fungsi tangkai bunga, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal bagian-bagian dari bunya, sebagai pengantar. Adapun bagian-bagian dari bunga diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kelopak bunga

Masih banyak orang yang keliru membedakan kelopak bunga dan mahkota bunga. Kelopak bunga berada di bagian luar bunga dan berfungsi melindungi mahkota ketika masih kuncup. kelopak bunga biasanya berwarna hijau.

2. Kepala putik

Kepala putik merupakan alat reproduksi bunya betina. Letaknya ada di bagian tengah bunga dan mengandung sel telur untuk masa reproduksi.

Baca Juga: 7 Wisata Kebumen Terbaru, Tonjolkan Keindahan Alam nan Asri

3. Mahkota bunga

Mahkota bunga berada di bagian luar, dan merupakan salah satu bagian dari bunga yang mencolok. Ukurannya lebih besar dari bagian bunga lainnya dan berwarna-warni untuk menarik perhatian serangga dan juga manusia.

4. Benang sari

Jika kepala putik ada organ reproduksi betina pada bunga, maka benang sari adalah organ reproduksi jantan.

5. Tangkai bunga

Komponon bunga yang satu ini letaknya ada di bagian bawah bunga serta bertugas sebagai penghubung antara bunga dan ranting.

Fungsi tangkai bunga

Ilustrasi bunga anggrek. (Shutterstock)
Ilustrasi bunga anggrek./ fungsi tangkai bunga(Shutterstock)

Setelah mengenal sejumlah bagian dari bunga yang telah dijelaskan di atas, sekarang pembahasan kita fokus tangkai bunga. Telah disinggung sedikit di atas, bahwa tangkai bunga letaknya di bagian bawah bunga dan merupakan penghubung antara bunga dan ranting. Namun apa sebenarnya fungsi dari tangkai bunga? berikut penjelasannya.
 
Tangkai bunga dalam bahasa latin disebut pedicellus. Pada dasarnya tangkai bunga memiliki fungsi sebagai penopang bunga. Itu sebabnya posisi tangkai bunga berada di bagian paling bawah dan merupakan bagian terakhir dari sebuah bunga. Ketika seseorang ingin memetik bunga, maka yang akan ditaihnya adalah bagian tangkai. Ini bertujuan agar bagian atas bunga tidak rusak.

Setiap bunga memiliki diamter tangkai yang berbeda-beda. Semakin besar kepala bunga, maka dibutuhkan tangkai yang lebih besar pula agar bisa menopang bunga tersebut.

Beban yang ditahan oleh bagian tangkai tida hanya berasal dari bunga itu sendiri. Namun juga terkadang dari berat serangga yang hinggap di atas bunga tersebut. Jika tangkai tidak kuat ikut menahan beban serangga, maka dipastikan bunga tersebut akan patah dan rusak.

Ketika bunga dijadikan hiasan atau pajangan di dalam rumah, maka fungsi tangkai rumah akan bertambah, yakni juga sebagai alat adaptasi. Itu mengapa ada jenis tangkai bunga yang merambah, tujuannya agar bunga tersebut bisa tumbuh menyesuaikan dengan lingkungannya.

Demikian tadi ulasan mengenai fungsi tangkai bunga. Bagi anda pecinta bunga, informasi ini tentunya menjadi bermanfaat. Meski begitu, semoga informasi ini bisa menjadi tambahan wawasan juga bagi masyarakat umum.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait