alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Tulang Jari Kaki, Bukan Cuma Penopang Berat Badan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 03 Desember 2021 | 16:11 WIB

Fungsi Tulang Jari Kaki, Bukan Cuma Penopang Berat Badan
Tulang jari kaki (klikdokter)

Tulang jari kaki memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan tulang jari tangan.

SuaraJogja.id - Setiap tulang dari tubuh manusia memiliki fungsinya masing masing, termasuk fungsi tulang jari kaki yang jarang diketahui bahkan disepelekan.

Tulang jari kaki memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan tulang jari tangan.

Apa Itu tulang jari kaki?

Dalam setiap kaki terdapat lima jari yang terdiri dari tulang, otot, dan saraf yang membantu kaki dalam menyangga tubuh saat berjalan dan beraktifitas.

Baca Juga: Sifat Enzim, Fungsi, hingga Strukturnya yang Perlu Diketahui

Semua tulang jari kaki akan menyesuaikan bertumbuh mengikuti pertumbuhan. Setiap kaki memiliki 14 tulang falang dan untuk setiap jari kaki memiliki 3 tulang falang yakni bagian belakang( proximal), bagian tengah (middle), dan bagian depan distal. Sedangkan jempol kaki hanya memiliki 2 tulang falang yakni proximal dan distal.

Di setiap jari kaki terhubung dengan bagian kaki lainnya melalui sendi metatarsophalangeal yang terdapat di tulang metatarsal.

Berikut fungsi tulang jari kaki yang perlu anda ketahui.

1. Sebagai Penopang berat badan

Tulang jari kaki memiliki fungsi utama sebagai penopang berat badan, dimana tulang jari kaki jempol memiliki peranan terbesar yakni sebesar 75% berat tubuh.

Baca Juga: Kumpulan Fungsi Kulit, Bukan Hanya Melindungi Bagian Dalam Tubuh Manusia

2. Sebagai penyeimbang tubuh saat beraktifitas

Fungsi kedua dari tulang jari kaki adalah menjadi penyeimbang tubuh saat beraktifitas, baik berjalan, berlari, melompat, dan segala bentuk kegiatan yang melibatkan kaki.

Disebut dengan istilah mesin kerek yakni sebuah mekanisme ketika jari kaki menekuk untuk persiapan mengambil langkah berikutnya, maka bagian kaki lainnya akan menegang.

3. Sebagai Pemberi fleksibilitas.

Tulang jari kaki juga berfungsi sebagai pemberi fleksibilitas dimana sifatnya yang fleksibel membantu kaki untuk beraktifitas dan beradabtasi.

Memiliki fungsi yang cukup vital bagi tubuh manusia, maka kita harus senantiasa menjaga dengan baik tulang jari kaki, karena bisa berakibat fatal jika diabaikan.

Berikut kemungkinan penyakit yang dapat dialami tulang jari kaki

Nyeri

Beberapa kemungkinan bisa terjadi yang menyebabkan nyeri pada tulang jari kaki antara lain tumbuhnya kuku ke dalam, kapalan, melepuh, dan kelainan bentuk jempol kaki (bunion), cedera, terkilir, terbentur dan lain-lain.

Kelainan bentuk jari kaki

Beberapa kelainan jari kaki adalah bentuknya seperti cakar, yakni sendi proximal menonjol ke atas dan sendi middle menonjol ke bawah. Kelainan ini disebabkan oleh diabetes, arthritis atau kesalahan dalam menggunakan alas kaki yang tidak sesuai. Penyakit kelainan lain adalah jari kaki palu dan trigger toe.

Asam Urat

Penyakit jenis ini tentu sudah banyak dikenal, sebuah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di sendi sehingga menyebabkan kaki terasa sakit saat berjalan.

Demikian penjelasan fungsi tulang jari kaki.

Kontributor : Jeffri Jeff

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait