Naga Liong Hitam Sepanjang 23 Meter Buka Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Galih Priatmojo
Naga Liong Hitam Sepanjang 23 Meter Buka Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta
Pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta dibuka dengan penampilan liong hitam, Minggu (2/2/2020). [Putu Ayu Palupi / Kontributor]

PBTY yang digelar setiap tahun ini merupakan rangkaian perayaan Imlek terpanjang di Indonesia.

SuaraJogja.id - Pertunjukan Naga liong hitam sepanjang 23 meter membuka gelaran Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY), Minggu (02/02/2020) malam. Diarak 11 penari, naga ini melewati Taman Abubakar Ali hingga Titik Nol Kilometer. 

Ribuan warga dengan antusias memadati kawasan Malioboro untuk melihat pertunjukan liong yang digelar dalam rangkaian perayaan Imlek 2571 ini. Selain liong, sejumlah pertunjukan juga ditampilkan seperti wushu, drumband dan sejumlah tarian dari berbagai daerah.

Ketua PBTY, Tri Kirana Muslidatun mengungkapkan, PBTY yang digelar setiap tahun ini merupakan rangkaian perayaan Imlek terpanjang di Indonesia. Karenanya diharapkan dapat meningkatkan citra pariwisata DIY.

Kegiatan yang diikuti 14 paguyuban Tionghoa ini menampilkan beragam acara, baik pertunjukan, bazar kuliner maupun pameran. Digelar selama sepekan hingga 8 Februari 2020, kegiatan yang sudah ke-15 kalinya tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

"Melalui pelestarian berbagai budaya lokal, PBTY diharapkan juga meningkatkan toleransi dalam rangka mendukung Yogyakarta sebagai city of tolerance," ungkapnya.

Sementara Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X yang membacakan sambutan Gubernur mengungkapkan PBTY yang digelar di Kampung Ketandan ini diharapkan mampu membangun semangat ke-Indonesiaan. 

"Jika budaya adalah ciri-ciri suatu bangsa dan cirinya diperoleh lewat proses belajar dan interaksi, maka itu adalah proses integratif dalam hidup yang penuh toleransi," imbuhnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS