facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Larangan Mudik Berlaku, Polri Klaim Mobilitas Kendaraan Turun 60 Persen

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 08 Mei 2021 | 15:16 WIB

Larangan Mudik Berlaku, Polri Klaim Mobilitas Kendaraan Turun 60 Persen
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Polri klaim terjadi penurunan mobilitas kendaraan selama penerapan Larangan Mudik

SuaraJogja.id - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengklaim telah terjadi penuruan jumlah kendaraan dalam dua hari terakhir tepatnya saat masa pelarangan mudik Lebaran 2021 diberlakukan. Hal itu diketahui setelah hasil evaluasi di Mabes Polri.

"Iya jadi setiap hari kami melakukan evaluasi di Mabes Polri. Penurunan, kemarin saya melakukan patroli udara dari Jakarta sampai Trans Jawa jalur dalam keadaan di bawah normal justru cenderung sepi," kata Arief saat berkunjung ke Pos Pengamanan Lalu Lintas di kawasan Tugu Kota Yogyakarta, Sabtu (8/5/2021).

Lebih lanjut Arief menuturkan penurunan terpantau juga terjadi di gerbang-gerbang tol yang ada. Setidaknya pada Kamis (6/5/2021) kemarin penurunan terjadi hingga 50-60 persen.

Bahkan sejak semalam hingga pagi tadi penurunan lebih banyak lagi. Disebutkan Arief penurunan hingga mencapai 60-70 persen.

Baca Juga: Hari Kedua Larangan Mudik, Polri Putar Balik 32.815 Kendaraan

"Artinya kesadaran masyarakat sudah cukup paham dengan adanya kebijakan ini. Dan ini harus terus dipertahankan semata-mata untuk menjaga masyarakat itu sendiri," tuturnya.

Kesadaran masyarakat tentang larangan mudik tersebut diperlukan guna mengantisipasi penularan Covid-19 akibat mobilitas yang tinggi.

"Ini yang harus sama-sama dijaga. Memperingati hari raya Idul Fitri, silaturahmi cukup dilaksanakan di rumah saja. Sehingga bisa saling, menjaga semuanya," ujarnya.

Arief tidak lupa juga selalu mengingatkan keamanan dari lingkungan dan individu masing-masing. Terkhusus saat memperingati Lebaran Idul Fitri mendatang.

Sebab tidak dipungkiri bahwa masyarakat akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. Baik dari salat tarawih, salat idul  fitri hingga bahkan kegiatan perbelanjaan.

Baca Juga: Bank Mandiri Distribusikan Ribuan Paket Sembako ke Dhuafa dan TNI/Polri

"Tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, 3M dan 5T," tegasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait