facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ke Candi Prambanan sama Pacar Bikin Putus Cinta? Berani Buktikan Mitos?

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Minggu, 22 Agustus 2021 | 08:20 WIB

Ke Candi Prambanan sama Pacar Bikin Putus Cinta? Berani Buktikan Mitos?
Ilustrasi mitos putus cinta Candi Prambanan - (Suara.com/Ema Rohimah)

Konon, hubungan sepasang kekasih tak akan berjalan lama hingga pernikahan jika mereka mengunjungi Candi Prambanan.

SuaraJogja.id - Selain restoran, coffee shop, hingga bioskop, tempat wisata tak jarang jadi lokasi muda-mudi sejoli menikmati quality time, tapi bagaimana begitu mereka tahu, ternyata tempat yang mereka kunjungi menyimpan mitos terkait kelanggengan hubungan mereka? Seperti Candi Prambanan, contohnya.

Terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi buruan wisatawan Jogja.

Biasanya, mereka yang punya hajat karyawisata ke Jogja--mulai dari sekelompok karyawan kantor, anak-anak sekolah, warga seperumahan, sampai anggota sebuah komunitas--memasukkan Candi Prambanan dalam jadwal perjalanan alias itinerary sebagai objek wisata yang wajib disinggahi.

Suasana sepi di Candi Prambanan pada Jumat (20/3/2020), usai PT TWC memberlakukan penutupan sementara karena wabah corona. - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Suasana sepi di Candi Prambanan pada Jumat (20/3/2020), usai PT TWC memberlakukan penutupan sementara karena wabah corona. - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Beberapa kali penulis sendiri mengalami, ketika bersama rombongan wisata ke Jogja, Candi Prambanan jadi destinasi utama. Kemudian beranjak dari sana, tujuan selanjutnya adalah Malioboro. Dua lokasi ini memang sudah menjadi ikon wisata sekitaran si kota gudeg.

Baca Juga: Tak Heran Obama Lahap, Mie Lethek Kuliner Ndeso Khas Bantul Ternyata Seistimewa Ini

Bukan saja rombongan wisatawan, mungkin juga ada sepasang kekasih yang memilih Candi Prambanan sebagai tempat kencan. Alam terbuka dengan gerombolan batu-batu candi berusia ratusan tahun itu memang menarik untuk menjadi latar belakang momen manis yang diabadikan ke dalam foto-foto bersama yang terkasih.

Entah, di antara mereka ada yang tidak tahu atau tidak peduli bahwa Candi Prambanan lekat dengan mitos yang berkaitan dengan asmara. Konon, hubungan sepasang kekasih tak akan berjalan lama hingga pernikahan jika mereka mengunjungi Candi Prambanan.

Dari yang paling umum tersebar di publik, legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso-lah yang menjadi awal berkembangnya mitos bahwa orang pacaran putus setelah ke Candi Prambanan.

Legenda Roro Jonggrang

Dalam legenda tersebut, Bandung Bondowoso terpikat pada kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikahinya. Namun, Roro Jonggrang tak mau menikah dengan pembunuh ayahnya itu. Lantas, putri Prabu Baka ini akhirnya membuat syarat karena terus-terusan dibujuk.

Baca Juga: Membedah Sejarah dan Mitos Plengkung Gading, Situs Sakral yang Kini Diberi Pagar

Sebenarnya ada dua syarat yang dibuat Roro Jonggrang untuk Bandung Bondowoso. Syarat pertama, yaitu membuat sumur Jalatunda, telah dipenuhi. Sementara itu, syarat kedualah yang kemudian melahirkan sejumlah candi; salah satunya Candi Prambanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait