alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Jenis Makanan untuk Turunkan Kolesterol serta Makanan yang Harus Dihindari

Galih Priatmojo Rabu, 22 September 2021 | 18:37 WIB

5 Jenis Makanan untuk Turunkan Kolesterol serta Makanan yang Harus Dihindari
Kacang-kacangan (Pixabay/ExplorerBob)

Berikut jenis makanan untuk turunkan kolesterol

SuaraJogja.id - Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kadarnya yang berlebihan justru dapat menimbulkan potensi dari berbagai penyakit. Untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Berikut jenis makanan untuk turunkan kolesterol seperti dikutip hellosehat.com.

1. Oatmeal

Salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga kadar kolesterol sekaligus dapat menjadi sumber makanan penurun kolesterol adalah serat. Sebab, serat dapat turunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan berserat bisa kamu masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari untuk menjaga kolesterol tetap aman.

Salah satu makanan yang mengandung serat adalah oatmeal. Makanan ini mengandung serat larut, yang dapat mengurangi kadar lipoprotein low-density (LDL) atau kolesterol jahat. Selain pada oatmeal, serat larut yang baik untuk kolesterol juga bisa ditemukan pada kacang merah, apel, pir, dan plum. Serat larut dipercaya mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Baca Juga: Coba 4 Pilihan Olahraga Ini Saat Diserang Stres

Oatmeal sangat baik bagi kesehatan.
Oatmeal sangat baik bagi kesehatan.

Meengonsumsi 5-10 gram lebih serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL. Jika makan 1 1/2 cangkir oatmeal, kamu telah mendapatkan asupan serat sebanyak 6 gram. Sementara itu, saat menambahkannya dengan buah seperti pisang atau buah beri, kamu juga menambahkan asupan serat harian.

2. Kacang-kacangan

Salah satu makanan yang baik untuk kolesterol adalah kacang-kacangan. Pasalnya, makanan ini mengandung lemak tak jenuh dan juga serat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk kolesterol adalah almond dan kacang kenari. Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, makanan ini juga dapat menurunkan berbagai komplikasi kolesterol, misalnya serangan jantung.

Meski begitu, kamu tetap harus memerhatikan porsi kacang-kacangan yang dimakan. Pasalnya, kacang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsinya dengan menambahkan kacang ke dalam salad atau mengonsumsinya sebagai cemilan untuk penderita kolesterol. Mengonsumsi makanan ini secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah.

Baca Juga: Viral Kisah Perempuan Jadi Miliader tapi Dulu Makan Sisa Makanan Kucing

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait