alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari Bernafas Hingga Jadi Perangkap Debu, Ini Fungsi Paru-paru dalam Tubuh Manusia

Risna Halidi Rabu, 01 Desember 2021 | 06:30 WIB

Dari Bernafas Hingga Jadi Perangkap Debu, Ini Fungsi Paru-paru dalam Tubuh Manusia
Ilustrasi untuk artikel fungsi paru-paru [Eli DeFaria/Unsplash]

Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut paparan lebih lengkapnya.

SuaraJogja.id - Fungsi paru-paru sangat penting dalam tubuh, dan menjadi salah satu yang paling utama sebagai alat pernapasan pada tubuh manusia. Dengan begitu, paru-paru merupakan salah satu organ vital terpenting dalam tubuh manusia.

Ketika fungsi paru-paru terganggu, maka kesehatan tubuh juga akan terpengaruh oleh gangguan. Jadi penting bagi kita untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Paru-paru berhubungan dengan sistem pernapasan serta sirkulasi atau peredaran darah. Paru-paru ada di dalam tubuh vertebrata yang bernapas dengan menggunakan udara. 

Jumlah paru-paru manusia ada dua, atau sepasang. Namun, paru-paru kanan dan kiri memiliki ciri yang berbeda satu dengan lainnya.

Baca Juga: Jadi Sumber Kekuatan, Ini 5 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Paru-paru. (Shutterstock)
Fungsi Paru-paru. (Shutterstock)

Di bagian kanan terdapat tiga lobus dan di sebelah kiri terdapat dua lobus. Paru-paru kanan yang umumnya lebih besar, di bagian atas terdapat lobus superior, di bagian tengah terdapat lobus medius, dan yang paling bawah terdapat lobus inferior.

Sedangkan di bagian kiri hanya terdapat dua bagian, atas dan bawah. Sehingga hanya memiliki lobus superior dan inferior.

Paru-paru dipisahkan oleh area yang disebut dengan mediastinum. Area ini berisi jantung, trakea, esofagus, dan kelenjar getah bening.

Paru-paru ditutupi oleh selaput pelindung yang dikenal sebagai pleura dan dipisahkan dari rongga perut oleh diafragma otot.

Selain untuk bernafas, masih banyak fungsi paru-paru yang lain. Berikut ini fungsi paru-paru bagi tubuh manusia yang telah kamu rangkum!

Baca Juga: Pelajaran IPA: Jaringan Tumbuhan, Jenis dan Ciri-cirinya

Ilustrasi foto rontgen paru-paru. (Shutterstock)
Ilustrasi foto rontgen paru-paru. (Shutterstock)

1. Menjaga Keseimbanhan pH
Paru-paru membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan kadar asam (pH) dengan mengeluarkan karbon dioksida. 

Apabila paru-paru mendeteksi peningkatan keasaman tubuh, organ ini akan meningkatkan laju ventilasi guna mengeluarkan lebih banyak gas yang tidak diperlukan.

2. Menyaring Gumpalan Darah
Paru-paru menyaring gumpalan darah kecil. Organ ini juga dapat menghilangkan gelembung udara kecil yang dikenal sebagai emboli udara apabila diperlukan.

3. Menyebarkan Oksigen
Paru-paru menyebarkan oksigen ke dalam tubuh. Udara yang telah masuk kemudian akan diolah lagi di dalam paru-paru untuk memisahkan oksigen dan karbon dioksida. Kemudian oksigen akan disebar ke seluruh tubuh, sedangkan karbon dioksida dikembalikan lagi ke luar udara.

4. Melindungi Jantung
Melindungi jantung dengan ukurannya yang kecil dan teksturnya yang empuk, dapat menjadi bantalan pelindung yang sangat baik untuk jantung. Terutama saat terjadi benturan dibagian dada dan perut.

5. Perangkap Debu
Melancarkan fungsi Mukosiliar Mukus atau cairan lengket yang betara di jalur pernapasan, memiliki fungsi sebagai perangkap debu dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Pada saluran pernapasan juga terdapat silia yang akan membantu partikel debu dan bakteri yang terperangkap tersebut bergerak ke atas untuk dikeluarkan melalui batuk.

6. Melindungi tubuh dari Infeksi
Adanya paru-paru dapat melindungi tubuh kita dari infeksi. Di dalam paru-paru terdapat membran yang mengeluarkan imunoglobulin. Imunoglobulin adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh, dan dapat melindungi paru-paru dari infeksi tertentu

7. Membantu Artikulasi Bicara
Fungsi paru-paru sangat penting dalam  membantu artikulasi bicara. Aliran udara, sangat dibutuhkan agar kita bisa melafalkan huruf-huruf tertentu. Jika paru-paru terganggu, maka aliran udara juga akan terganggu.

Itulah penjelasan tentang fungsi paru-paru, salah satu organ vital terpenting dalam tubuh manusia. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait