facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penting untuk Diketahui, Ini Fungsi Sistem Pernapasan Pada Manusia

Risna Halidi Senin, 06 Desember 2021 | 16:13 WIB

Penting untuk Diketahui, Ini Fungsi Sistem Pernapasan Pada Manusia
Ilustrasi: Ini Fungsi Sistem Pernapasan Pada Manusia [Eli DeFaria/Unsplash]

Ini lho fungsi sistem pernapasan pada manusia.

SuaraJogja.id - Fungsi sistem pernafasan. Setiap mahluk hidup pasti bernapas, termasuk manusia. Tak bisa dibayangkan, jika kita tidak dapat bernapas, pasti kita merasa sedang diujung maut.

Karena bernapas adalah salah satu aktivitas yang vital pada diri manusia, maka hal tersebut harus didukung oleh fungsi sistem pernapasan yang baik.

Mengenal Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya
Jika mendengar kata organ pernapasan, pikiran kita bisa jadi langsung tertuju pada paru-paru.

Ini bisa dimaklumi karena sebagain besar orang pasti meyakini kalau paru-paru adalah organ pernapasan yang penting, dan mungkin bisa dibilang paling vital. Namun organ pernapasan pada manusia ada banyak, yakni:

Baca Juga: Untuk Menghentikan Cegukan, Coba 5 Cara Sederhana Ini

Ilustrasi hidung. (Shutterstock)
Ilustrasi hidung. (Shutterstock)

1. Hidung
Laman Halodoc menulis, hidung adalah "gerbang utama" dalam sistem pernapasan mahluk hidup, termasuk manusia. Hidung adalah tempat keluar dan masuknya udara. Di dalam hidung terdapat bulu-bulu yang berfungsi menyaring kotoran dan udara yang kita hirup.

2. Faring
Ini adalah nama lain dari tenggorokan bagian atas, yang berbentuk tabung dan berada di belakang mulut dan rongga hidung. Faring menghubungkan keduanya pada trakea atau batang tenggorokan. faring berfungsi menyalurkan udara dari hidung ke trakea.

3. Epiglotis
Epiglotis merupakan lipatan tulang rawan yang terletak di belakang lidah. Cara kerja epiglotis mirip sebuah katup yang terbuka ketika kita bernapas dan akan menutup jika kita sedang makan, untuk mencegahmakanan atau minuman masuk ke saluran pernapasan.

4. Laring
Bahasa lain dari laring adalah kotak suara. letaknya ada di bawah persimpangan saluran faring. di dalam organ ini ada dua pita suaram yang akan membuka saat kita bernapas dan menutup ketika memproduksi suara.

5. Sinus
Sinus adalah lubang-lubang kecil yang berada di tulang tengkorak. Laman sehatq.com menuli, pada sistem pernapasan manusia, sinus berfungsi mengatir suhu dan kelembapan udara yang kita hirup.

Baca Juga: Dokter Temukan Sepotong Semen di Jantung Setelah Pria Ini Lakukan Operasi Tulang

Sinus juga berperan dalam meringankan berat tulang kepala dan juga memengaruhi suara yang kita hasilkan.

6. Trakea
Dalam ilmu kedokteran, trakea termasuk masuk dalam organ pernapasan manusia bagian bawah. Dalam istilah lain, trakea juga sering disebut batang tenggorokan.

Fungsinya adalah sebagai jalur utama pernapasan dan menghubungkan antara organ pernapasan atas dengan paru-paru.

7. Paru-paru
Kita tentunya suda tida asing lagi dengan ogan pernapasan yang satu ini, yakni paru-paru. Ini adalah sepasang alat pernapasan yang berada di dalam dada manusia, kenyal dan berisi udara.

Dari sekian banyak organ pernapasan manusia, paru-paru adalah organ pernapasan utama dan yang terbesar.

Fungsi Lain Sistem Pernapasan Manusia

Ilustrasi bernapas, tarik napas dalam. (Shutterstock)
Ilustrasi bernapas, tarik napas dalam. (Shutterstock)

Laman Hello Sehat menulis, bernapas adalah proses menghirup oksigen ke dalam tubuh dan lalu dikeluarkan kembali dalam bentuk karbondioksida.

Proses ini dikenal juga dengan istilah respirasi. Dalam sehari rata-rata manusia bernapas 17 sampai 30 ribu kali. Dan dalam semenit biasanya manusia bernapas 12 sampai 16 kali.

Dan untuk melakukan hal itu setiap hari, kita membutuhkan fungsi sistem pernapasan yang baik. Laman Good Doctor menulis, ada fungsi lain dari sistem pernapasan pada manusia selain menghirup oksigen dan mengeluarkan karbiodioksida.

Fungsi tersebut di antaranya:

  1. Membantu mengirimkan oksigen ke sel-sel di seluruh bagian tubuh
  2. Membantu untuk mencium sesuatu dan berbicara
  3. Menjaga tingkat kelembapan tubuh
  4. Melindungi saluran udara dari benda-benda asing dan zat berbahaya
  5. Membantu pembuangan limbah dari tubuh berupa gas karbon dioksida

Gangguan Pada Sistem Pernapasan Manusia
Sebagaimana halnya organ tubuh dalam tubuh manusia, organ pernapasan juga bisa terganggu fungsinya karena suatu sebab.

Bisa dikarenakan udara yang kita hirup kotor, dan bisa juga karena sisten/daya tahan tubuh kita sedang melemah. Dan gangguan pada sistem pernapasan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilek
  2. Influenza (flu)
  3. Asma
  4. Pneumonia
  5. Tuberkulosis
  6. Bronkitis
  7. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  8. Kanker Paru-paru

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan
Menjaga kesehatan organ dalam sistem pernapasan manusia sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh pada umumnya. Laman SehatQ menulis, cara menjaga kesehatan sistem pernapasan pada dasarnya adalah mudah.

Namun terkadang kita lalai dan lupa menjalankannya.

Di antaranya adalah hindari kebiasaan merokok, jauhi makanan dan minuman yang tidak sehat, giat berolahraga setiap hari dan segera periksa ke dokter jika menrasakan adanya kelainan pada sistem pernapasan Anda.

Demikian tadi ulasan mengenai fungsi sistem pernapasan pada manusia. Semoga makin membuat kita paham dan menambah wawasan kita semua.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait