facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kunjungan Wisatawan ke Malioboro Meningkat Selama Libur Lebaran, Pengangkutan Sampah Dilakukan 6 Kali Sehari

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 06 Mei 2022 | 10:20 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Malioboro Meningkat Selama Libur Lebaran, Pengangkutan Sampah Dilakukan 6 Kali Sehari
Sejumlah wisatawan dan warga beraktivitas di sekitar Malioboro, Kota Jogja, Kamis (5/5/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Ekwanto menerangkan pihaknya akan mengerahkan petugas tambahan untuk menangani persoalan sampah di Malioboro.

SuaraJogja.id - Libur lebaran 2022 di Kota Jogja kali ini dipastikan mengalami peningkatan jumlah produksi sampah. Salah satu penyumbangnya yakni kawasan Malioboro yang telah didatangi lebih kurang 3,9 juta orang. 

Kepala UPT Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta, Ekwanto menerangkan pihaknya akan mengerahkan petugas tambahan untuk menangani persoalan sampah di Malioboro. 

"Untuk sampah, ini pasti terjadi peningkatan di Malioboro. Jadi tetap kita antisipasi dan jangan sampai mengganggu wisatawan," terang Ekwanto dihubungi wartawan, Kamis (5/5/2022).

Ia mengatakan akan melakukan pengangkutan sampah di lokasi lebih sering dari biasanya. Jika dalam hari biasa 3 kali sehari, selama libur lebaran ini akan dilakukan sebanyak 6 kali. 

Baca Juga: TPST Piyungan Ditutup Tiga Hari, Timbunan Sampah di Kota Jogja Capai Seribu Ton

"Iya termasuk pengangkutan sampah ini yang biasa 3 kali sehari diangkut, nanti akan dilakukan 6 kali," kata dia. 

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan produksi sampah di Jogja saat ini meningkat sekitar 15 persen. 

"Meningkatnya sekitar 15 persen. Namun kelihatannya di sekitar Jalan Sudirman dan Malioboro," katanya. 

Ia mengatakan pada hari biasa, jumlah sampah di Kota Johan sendiri mencapai 370 ton. Jumlah itu terdiri dari sampah rumah tangga dan sampah aktivitas masyarakat di destinasi wisata. 

"Kita upayakan persoalan sampah di Jogja ini bisa teratasi. Meskipun jumlah kedatangan tamu banyak, kita sudah siapkan petugas dan armada untuk pembersihannya," terang dia. 

Baca Juga: Buntut Tutup Tiga Hari, Pemda DIY Tutup Zona TPST Piyungan

Sugeng berharap, selama cuti lebaran kali ini TPST Piyungan di Bantul tidak ditutup sementara karena peningkatan sampah ini. Hal itu bisa menyebabkan kondisi sampah menutup akses jalan raya yang ada di Kota Jogja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait