facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sulit Dapat Vaksin di Daerah, Tommy Rela Tempuh Perjalanan dari Magelang ke Yogyakarta

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:40 WIB

Sulit Dapat Vaksin di Daerah, Tommy Rela Tempuh Perjalanan dari Magelang ke Yogyakarta
Seorang peserta vaksinasi, Tomi Oclianto, memberi keterangan pada wartawan seusai menerima vaksinasi AstraZeneca di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Rabu (11/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Pernah suatu hari saat dirinya telah mengantre lama, stok vaksin yang diharapkan habis. Tomi pun harus kembali dengan rasa kecewa.

SuaraJogja.id - Matanya sedikit sayu ketika duduk di kursi tunggu Stasiun Tugu Yogyakarta. Sambil menunggu gilirannya, Tomi Oclianto berusaha bertarung dari kantuknya agar tidak terlewat ketika namanya dipanggil.

Perjalanan jauh adalah sebab pria 32 tahun ini menahan matanya terpejam saat mengantre vaksin di Stasiun Tugu Jogja. Tomi, adalah warga Magelang yang mencari vaksin hingga ke Kota Pelajar.

Butuh dua bulan dirinya mencari tempat atau instansi pemerintah menggelar vaksinasi di Magelang. Kerap membuka situs Pemerintah Kabupaten/Kota Magelang untuk mengetahui tempat vaksinasi, tetapi kesempatannya selalu pupus lantaran kuota penuh.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Rabu (11/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Rabu (11/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Bahkan pernah suatu hari saat dirinya telah mengantre lama, stok vaksin yang diharapkan habis. Tomi pun harus kembali dengan rasa kecewa.

Baca Juga: Malioboro dan Stasiun Tugu Jadi Kawasan Wajib Masker dan Vaksin Sekarang

"Ya berangkat dari pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB. Sengaja berangkat pagi, agar kebagian vaksin di stasiun ini. Takutnya jika berangkat siang, tidak dapat vaksin seperti sebelumnya," ujar Tomi ditemui wartawan, Rabu (11/8/2021).

Menempuh perjalanan hingga 1,5 jam dari Magelang ke Yogyakarta dengan motor, terpaksa ia lakukan karena saat ini masyarakat wajib sudah divaksin ketika bepergian. Tomi yang harus bekerja ke luar negeri dan membutuhkan surat atau kartu telah melakukan vaksin.

"Sekarang ingin pergi ke luar kota, harus bisa menunjukkan surat vaksin. Nah apalagi saya harus bekerja ke luar negeri dan bebebarap instansi meminta surat hasil PCR dan vaksin ini kan," katanya.

September 2021 adalah waktu dirinya harus segera bertolak ke Singapura, sehingga pada Agustus ini setidaknya Tomi sudah mendapat vaksin.

Tomi bercerita bahwa dirinya tidak bisa memilih jenis vaksin yang akan diberikan. Pada vaksinasi dosis pertama ini, Tomi mendapat vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: Stasiun Tugu dan Malioboro Wajib Masker dan Vaksin, Pemkot Jogja Bakal Periksa Pengunjung

"Ya saya juga mau memilih yang lain tapi tidak bisa. Karena adanya AstraZeneca, ya sudah tidak masalah. Saya juga mendapat obat semacam parasetamol jika nanti ada efek pusing atau sakit kepala," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait