facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Kejahatan Jalanan Masih Mengancam, Wawali Jogja Minta Siskamling Kembali Aktif

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 14 April 2022 | 18:20 WIB

Kasus Kejahatan Jalanan Masih Mengancam, Wawali Jogja Minta Siskamling Kembali Aktif
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan ditemui di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (24/3/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Heroe berharap, setiap mantri pamong praja harus mulai berkoordinasi dengan Polsek dan juga Koramil setempat.

SuaraJogja.id - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta warga Jogja kembali mengaktifkan sistem kampung keliling (Siskamling). Hal itu untuk memastikan keamanan wilayah dimana kasus dugaan kejahatan jalanan masih mengancam di wilayah DIY.

Heroe berharap, setiap mantri pamong praja harus mulai berkoordinasi dengan Polsek dan juga Koramil setempat.

"Patroli lewat tengah malam, digiatkan bagi mereka yg tugas malam itu. Dan lakukan koordinasi degan Polsek dan Koramil jika menemukan kelompok orang nongkrong di tempat-tempat rawan di wilayahnya," kata Heroe kepada wartawan, Kamis (14/4/2022).

Ia meminta agar warga memperhatikan setiap aktivitas para anak muda yang ada di suatu kampung. Apalagi yang kerap keluar malam hari dan pulang saat subuh.

Baca Juga: Anak Pelaku Kejahatan Jalanan Direhabilitasi di Pundong, Halim: Kami Dukung

"Mohon memonitoring pergerakan kumpulan anak-anak yang biasa terlihat ketika lewat jam 00.00 WIB," kata dia.

Di samping itu peran keluarga juga diminta lebih aktif lagi. Orang tua harus mengenali teman anaknya ketika berinteraksi baik di sekolah ataupun di lingkungan sekitarnya.

"Kami juga megimbau untuk setiap keluarga harus bisa mengenali tempat bermain dan teman bermain anaknya, terutama ketika keluar malam. Hal itu disamping sebagai pengawasan terhadap pergaulannya, juga melindungi agar mereka tidak terjebak dalam situasi yang bisa berakibat fatal," katanya.

Di sisi lain, adanya tim Satgas Covid-19 yang telah dibentuk di level kelurahan hingga kemantren diminta ikut terjun dalam memberikan keamanan di wilayah mereka.

Tim Posko Covid-19 bisa difungsikan untuk menjadi bagian dari kontrol di masyarakat," ujar Heroe.

Baca Juga: Tujuh Warga Bantul Dapat Penghargaan karena Bantu Gagalkan Aksi Tawuran, Apa Hadiahnya?

Ia berharap jangan ada lagi kasus kejahatan jalanan yang dapat merenggut nyawa korban. Meninggalnya Daffa Adzin Albasith karena tersabet gir di bagian wajahnya merupakan introspeksi diri bagi semua pihak.

"Kasus kemarin, cukup menjadi yang terakhir di Kota Jogja. Jangan sampai ada lagi dan kita upayakan agar tidak ada kasus serupa," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait